>

Jenis dan Perlengkapan Kandang Pemeliharaan Ayam KUB Petelur

Jenis dan Perlengkapan Kandang Pemeliharaan Ayam KUB Petelur
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Jenis dan Perlengkapan Kandang Pemeliharaan Ayam KUB Petelur, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Jenis dan Perlengkapan Kandang Pemeliharaan Ayam KUB Petelur - Jenis kandang dan perlengkapan kandang yang dibutuhkan untuk pemeliharaan ayam KUB petelur memiliki beberapa persamaan sekaligus perbedaan dengan kandang dan perlengkapan kandang untuk ayam KUB pedaging. Untuk lebih jelasnya dapat dijelaskan sebagai berikut.
Jenis dan Perlengkapan Kandang Pemeliharaan Ayam KUB Petelur

Kandang Starter

Pada saat pemeliharaan awal (0-12 minggu), jenis kandang yang digunakan untuk ayam KUB petelur sama dengan jenis kandang pada pemeliharaan KUB pedaging yaitu kandang koloni (postal ataupun panggung).

Setelah memasuki usia 10-12 minggu, ayam dipindahkan ke kandang grower dan finisher berupa kandang batere individu atau masih tetap di kandang postal, tetapi diberi tenggeran agar ayam dapat bergerak leluasa sesuai tingkah lakuk alaminya (behavior).

Tujuannya agar ayam mulai beradaptasi dengan jenis kandang ini sampai memasuki usia produktif (bertelur) hingga akhir.

Kandang Grower dan Finisher

Kandang yang digunakan untuk pemeliharaan ayam KUB betina penghasil telur baik konsumsi ataupun telur tetas berupa kandang batere. Rangkaian kandang ini terbuat dari kawat dengan penyangga besi berukuran 30x24x35 cm atau (panjang x lebar x tinggi).

Selama masa grower, finisher sampai bertelur, KUB petelur juga dipelihara di kandang postal dengan kepadatan 8 ekor/m2 dan perbandingan jantan betina 1:6-8.

Apabila terlalu banyak jantan dpat menyebabkan kanibalisme. Tempat bertelur juga disediakan berupa kotak sarang yang disimpan di sepanjang pinggiran kandang, juga tenggeran agar ayam dapat bertengger sesuai tingkah laku alaminya.

Perlengkapan Kandang

Perlengkapan kandang untuk pemeliharaan KUB petelur memiliki banyak banyak kesamaan seperti KUB pedaging, terutama pada awal pemeliharaan di kandang koloni.

Perlengkapan kandang yang dibutuhkan antara lain tempat pakan atau minum, pemanas, tirai kandang, dan alas kandang.

KUB petelur memasuki masa grower dan finisher sekitar umur 16 minggu yang ditandai dengan dipindahkannya ayam ke kandang batere.

Namun, penggunaan kandang batere ini agak menyulitkan untuk peternak kecil karena perkawinannya untuk menghasilkan DOC harus dengan perkawinan inseminasi buatan (IB). kelebihannya, recording atau pencatatan setiap individu ayam akan akurat.

Tempat pakan dan minum pada kandang batere biasanya memanjang dan menggunakan bahan paralon yang khusus diproduksi untuk kandang batere.

Selain menggunakan paralon memanjang, tempat minum pada kandang batere bisa juga menggunakan nipple yang lebih praktis, hemat air, serta kebersihannya terjaga.

Nipple juga menghindari terjadinya tumpah atau lubernya air minum seperti apabila menggunakan tempat minum paralon.

Sumber :

  1. Sartika, T. (2017). Panen Ayam Kampung 70 Hari. Penebar Swadaya. Jakarta.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Jenis dan Perlengkapan Kandang Pemeliharaan Ayam KUB Petelur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel