>

Perlengkapan Kandang Untuk Pemeliharaan Ayam Kampung

Perlengkapan Kandang Untuk Pemeliharaan Ayam Kampung
Perlengkapan Kandang Ayam Kampung - Pada umumnya, beternak merupakan salah satu kegiatan sampingan yang cukup menguntungkan karena selain bisa untuk mengisi waktu luang, beternak dapat menghasilkan keuntungan. 
Perlengkapan Kandang Untuk Pemeliharaan Ayam Kampung

Salah satu yang bisa dilakukan dalam beternak dan bisa dijadikan hobi adalah beternak ayam kampung. Namun dalam beternak ayam kampung kalian juga harus memperhatikan perlengkapan kandangnya.

Nah, berikut beberapa perlengkapan kandang bagi kalian yang ingin memelihara ayam kampung,

Tempat Pakan dan Minum

Setelah mengetahui jenis kandang yang sesuai untuk kalian ternakkan ayam kampung, tahap berikutnya adalah dengan mempersiapkan perlengkapan kandang.

Perlengkapan kandang yang utama untuk melakukan pemeliharaan ayam kampung adalah tempat pakan dan tempat minum.

Pada saat DOC dan awal pemeliharaan sebaiknya menggukan tempat pakan dan minum yang berukuran kecil.

Untuk tempat pakan menggunakanbaby chick feeder dan tempat minumnya berukuran paling kecil sehingga DOC tidak bisa masuk le wadah air yang dapat menyebabkan kedinginan dan mati.

Pemanas

Selain tempat pakan dan minum, perlengkapan kandang lainnya yang juga penting adalah pemanas. Untuk pemanas pada kandang ayam kampung pedaging ada beberapa jenis yaitu sebagai berikut;

Lampu Bohlam

Biasanya pada kandang berukuran kecil seperti kandang brooding dengan ukuran 1x1x0,5 meter. Kelebihannya adalah mudah digunakan dan diatur.

Namun, hanya efektif digunakan pada kandang brooding dengan kapasitas maksimal 100 ekor, pada kandang dengan populasi minimal 500 ekor sebaiknya menggunakan pemanas.

Batu Bara, Se,awar, dan Gasolek

Biasanya digunakan pada kandang berukuran besar seperti kandang koloni postal dan panggung, satu buah pemanas batu bara, semawar, dan gasolek bisa digunakan untuk 700-1000 ekor ayam.

Kelebihan batu bara adalah panasnya merata dan maksimal sehingga ideal untuk sekitar 700 ekor DOC, namun kelemahannya adalah operasional penggunaannya lebih rumit karena harus menyalakan batu bara terlebih dahulu menggunakan bahan bakar cair.

Sementara itu, semawar dan gasolek memiliki kelebihan mudah dioperasikan dan diatur besar kecilnya nyala api dan panasnya, tetapi kekurangannya adalah harganya lebih tinggi daripada pemanas lain.

Tirai Kandang

Tirai kandang bermanfaat menutupi dinding kandang agar terhindar dari angin, terutama pada masa brooding (pemeliharaan DOC menggunakan pemanas).

Tirai yang digunakan biasanya berupa terpal atau plastik. Tirai digunakan pada semua jenis kandang baik kandang koloni dan kandang brooding berukuran kecil.

Alas Kandang

Alas kandang yang digunakan pada pemeliharaan ayam kampung pedaging berupa sekam, kertas koran dan terpal.

Alas kandang sekam digunakan pada kandang postal dan panggung, sementara alas kandang koran bisa digunakan pada semua jenis kandang pada 1-3 hari awal pemeliharaan DOC.

Sementara alas terpal biasanya digunakan sebagai alas sekam pada jenis kandang panggung agar sekam tidak berjatuhan ke kolong kandang.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Perlengkapan Kandang Untuk Pemeliharaan Ayam Kampung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel