>

Syarat Kandang yang Baik Untuk Ternak Sapi

Syarat Kandang yang Baik Untuk Ternak Sapi
Syarat Kandang yang Baik Untuk Ternak Sapi - Untuk menuju usaha ternak sapi yang berhasil harus dimulai dari membuat kandang yang baik dan benar karena kandang merupakan tempat dimana ternak sapi akan menghabiskan sebagian besar waktunya khususnya bagi ternak sapi yang yang sedang digemukkan di kandang.
Syarat Kandang yang Baik Untuk Ternak Sapi

Kandang yang baik tidak selalu harus dibuat dari bahan-bahan yang mahal, karena dapat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di sekitar kita seperti menggunakan bambu, batang kayuyang cukup besar, dan bahkan untuk atap dapat menggunakan rumbia atau alang-alang.

Namun, untuk pembuatan kandang sapi yang baik dan benar, dalam pembuatan kandang tersebut bahan yang digunakan usahakan dapat bertahan lama.

Dalam membuat kandang yang sederhana sekali pun kalian dituntut untuk dapat memenuhi syarat-syarat yang ditentukan agar kandang yang kalian buat dapat membuat kenyamanan pada ternak sapi yang kalian pelihara.

Nah, dalam pembuatan kandang ternak sapi yang baik dan benar kalian harus memperhatikan beberapa aspek yang akan kami uraikan berikut ini.

Tata Letak Kandang

Bangunan kandang sebaiknya dibuat dengan jarak 6-10 meter dari rumah, dan usahakan jangan sampai mendirikan kandang yang berhimpitan dengan rumah kalian.

Dalam pembuatan kandang, ventilasi udara kandang yang akan kalian buat harus dapat mengalir dengan lancar dan usahakan kandang tersebut menghadap ke timur agar sinar matahari pagi dapat menyinari kandang bagian dalam.

Selanjutnya kandang yang baik dan benar untuk ternak sapi, kandang umumnya harus sebagai pelindung ternak dan sebaiknya kandang dapat melindungi ternak sapi dari panas, hujan, dan terpaan angin secara langsung dan kuat terutama pada malam hari.

Ukuran dan Bentuk Kandang

Ruangan kandang yang dibutuhkan agar ternak sapi dapat leluasa nyaman untuk ditinggali didalamnya adalah sekitar 1,8x2 meter persegi per ekornya.

Lantai dan Atap Kandang

Prinsip dalam pembuatan lantai kandang adalah mengkondisikan agar kandang selalu kering atau tidak becek, sehingga dalam pembuatan kandang yang baik dan benar agar memperhatikan kemungkinan tergenangnya air seni dan kotoran pada ternak sapi.

Untuk itu, dalam pembuatan kandang, usahakan lantai kandang yang baik dan benar dibuat dari bahan yang padat seperti dengan menggunakan lantai semen, atau dengan tanah yang dipadatkan.

Untuk menghindari tergenangnya air seni pada ternak sapi, kalian juga usahakan membuat lantai dengan keadaan miring dan kemudian dibagian paling rendah dibuat sebuah parit untuk menyalurkan air seni ke bak penampungan.

Untuk melindungi ternak sapidari panas dan hujan juga kandang harus dilengkapi degan atap, kalian bisa membuat atap kandang ternak sapi menggunakan genteng atau seng atau bahkan kalian bisa memanfaatkan daun rumbia atau alang-alang.

Perlengkapan Kandang

Kandang yang baik dan benar haruslah dapat memberikan rasa kenyamanan pada ternak sapi, untuk itu kalian juga harus mempersiapkan perlengkapan kandang seperti tempat pakan dan minum harus disediakan.

Untuk pakan ternak baik itu berupa hijauan maupun konsentrat seperti dedak dan ampastahu tidak dapat diletakkan begitu saja karena pakan yang diletakkan begitu saja dapat tercampur dengan kotoran sapi dan tercemar yang bisa menimbulkan telur cacing dan dapat menganggu kesehatan ternak.

Dalam pembuatan kandang yang baik dan benar, kalian harus mengusahakan tempat pakan dan minum agar tidak mudah kena kotoran ternak sapi dan usahakan untuk membuat tempat pakan dan minum diletakkan di bagian depan atau tempat kepala sapi.

Fasilitas lain juga yang bisa kalian penuhi untuk peralatan dalam kandang adalah kandang jepit atau kandang sempit yang berguna untuk penanganan pengobatan atau tempat ternak sapi dikawinkan.

Pemeliharaan Kandang

Untuk pemeliharaan kandang ternak sapi, kalian usahakan kandang harus dibersihkan setiap hari, dan kotoran sapi harus ditampung ditempat penampungan kotoran sehingga tidak mengganggu aliran air seni menuju bak penampungan air seni.

Penampungan kotoran harus dibuat sedemikian rupa agar kotora sapi tersebut tidak mengganggu lingkungan dan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang.

Untuk mencegah agar kotoran sapi tidak menganggu lingkungan dan pupuk kandang yang dihasilkan mempunyai kualitas baik, kotoran sapi yang ditampung di penampungan harus dilindungi dari air hujan dengan memberikan atap.

Dalam pembuatan kandang yang baik dan benar untuk ternak sapi, ada beberapa syarat juga yang kalian harus perhatikan, seperti.

Kandang Kawin

  • Diusahakan kokoh dan kuat dibuat dari bahan lokal, murah dan dapat bertahan lama.
  • Dinding terbuka
  • Ukuran minimal 4x6 meter dengan kapasitas tampung empat ekor yaitu seekor pejantan dengan tiga ekor betina
  • Menampung proses perkawinan malam hari
  • Mengumpulkan betina yang birahi dan diperkirakan akan birahi dengan pejantan pada malam hari

Kandang Sapih

  • Kandang untun penyapih berukuran 3x4 meter
  • Luas kandang disesuaikan dengan kebutuhan, dan jumlah anak sapi yang disapih
  • Kandang sapih dibuat dari bahan yang murah harganya dan mudah diperoleh disekitar lokasi
  • Jika tidak memiliki kandang sapih, penyapihan dapat dilakukan dengan cara induk dan anak diikat terpisah dan diusahakan agar anak tidak dapat menyusu pada induknya

Kandang Pejantan

  • Kandang pejantan berukuran 3x4 meter
  • Diusahakan kokoh dan kuat
  • Dibuat dari bahan lokal yang murah dan dapat bertahan lama
  • Dinding terbuka

Itulah informasi tentang syarat kandang yang baik untuk ternak sapi agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Syarat Kandang yang Baik Untuk Ternak Sapi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel