>

Peluang Usaha Bidang Agribisnis Tanaman Hias

Peluang Usaha Bidang Agribisnis Tanaman Hias
Peluang Usaha Bidang Agribisnis Tanaman Hias - Tanaman hias merupakan tanaman yang mempunyai nilai keindahan dan daya tarik tertentu, untuk keperluan hiasan di dalam dan atau di luar ruangan serta kemanfaatannya terhadap lingkungan. 
Peluang Usaha Bidang Agribisnis Tanaman Hias

Tanaman hias banyak ditanam sebagai penghias halaman, penghias ruang, sebagai pergola, sebagai peneduh, juga sebagai penyerap polutan serta bisa menjadi sumber pendapatan. 

Dengan banyaknya manfaat dari tanaman hias tersebut sehingga menjadikan peluang usaha agribisnis tanaman hias sangat menjanjikan.

Dalam usaha agribisnis tanaman hias itu sendiri bisa dijalankan dengan berbagai macam usaha dan salah satu contohnya adalah dengan bisnis bunga potong.

Selain itu, masih banyak jenis usaha dalam bidang agribisnis tanaman hias yang bisa mempunyai nilai komersial dan bahkan bisa dikembangkan tidak hanya bertumpu pada tanamannya saja, tetapi bisnis penunjang agribisnis tanaman hias, meliputi sarana dan prasarana pertanian, seperti penjualan pupuk, obat-obatan, pot, alat-alat pertanian. 

Dengan banyaknya jenis usaha dalam bidang agribisnis tanaman hias yang menjadikan ide dan kreatif dapat dikembangkan untuk memperluas macam usaha dalam agribisnis tanaman hias. 

Nah, berikut berbagai macam usaha yang bisa dijalankan sebagai sumber pendapatan di bidang agribisnis tanaman hias, anatara lain.

Penjualan Tanaman Hias Dalam Pot

Tanaman hias dalam pot sekarang banyak dinikmati oleh masyarakat. Hal ini terbukti bahwa hampir semua perkantoran dan hotel serta pusat perbelanjaan di kota-kota besar menghias tempatnya dengan menggunakan tanaman hias dalam pot.

Selain itu hampir 70% pencipta taman menghiasi ruangannya dengan tanaman hias dalam pot. Inilah yang mendorong permintaan akan bunga dalam pot meningkat dan secara  otomatis  akan  merangsang  orang  untuk berusaha di bidang ini.

Bibit Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini. Hal ini menyebabkan permintaan untuk bibit tanaman hias itu sendiri dapat meningkat. 

Selama ini permintaan akan tanaman hias yang meningkat tidak diiringi dengan kenaikan persediaan bibit tanaman hias di pasaran. 

Rendahnya ketersediaan bibit tanaman tersebut menjadikan sebuah peluang usaha yang memiliki prospek cukup cerah untuk dikembangkan.

Kurang meratanya penyebaran informasi mengenai cara-cara perbanyakan tanaman hias diduga sebagai salah satu penyebab masih minimnya jumlah bibit tanaman di pasaran. Di Indonesia, hanya nurseri-nurseri besar yang baru mampu memproduksi bibit tanaman hias dalam jumlah yang banyak dan berkualitas .

Terrarium

Di tengah persaingan bisnis yang tinggi, bisnis yang menarik perhatian konsumen dan sedikit ditemukan dipasaran akan menjadi sorotan karena tampil dengan beragam inovasi yang menarik salah satunya yaitu dengan membuka bisnis terrarium

Bisnis terrarium merupakan sebuah tren baru dalam dunia agribisnis yang sudah masuk Indonesia sejak beberapa tahun silam.

Tanaman Hias Hidrogel

Bisnis tanaman hias hidrogel ini bisa kalian manfaatkan terutama pada pasar masyarakat perkotaan yang menginginkan tanaman hias namun tidak memiliki media tanam atau tanah untuk membudidayakannya.
 
Hampir sama dengan sistem hidroponik tanpa tanah, namun tanaman hias hydrogel sendiri lebih simpel karena kalian hanya membutuhkan media gel saja.

Selain itu dengan menggunakan media tanam hidrogel membuat tenaman terlihat semakin menarik karena memiliki keunikan tersendiri dalam hidrogel itu yaitu berwarna-warni.

Bunga Potong

Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dari sektor pertanian adalah peluang usaha bunga potong. Peran bunga potong di era modern sekarang telah berubah menjadi kebutuhan yang kerap diperhitungkan. 

Kebutuhan akan bunga potong tidak lepas dari acara-acara penting seperti seperti pernikahan, dekorasi, bahkan upacara pemakaman. Tak heran, usaha bunga potong ini menjadi peluang usaha yang sangat menarik untuk kalian coba.

Jasa Persewaan Tanaman Hias

Beberapa kantor membutuhkan jasa persewaan tanaman, termasuk penataan dan pemeliharaannya karena memilih menyewa dianggap lebih efisien dan praktis. 

Sebab dalam waktu tertentu tanaman akan diambil dan diganti dengantanaman yang berbeda dan segar oleh pihak jasa persewaan. 

Dengan semakin maraknya kebutuhan taman instan ini dan penghijauan fasilitas publik, maka semakin membuka peluang bagi jasa persewaan tanaman.

Jasa Pembuatan Taman

Umumnya bisnis jasa pembuat taman ini bekerja sesuai dengan keinginan konsumen untuk mendesain model taman yang di inginkan. 

Selain itu juga sang penyedia jasa bisa memberikan ide-ide terkait dengan tampilan taman yang akan di buat juga jenis-jenis tanaman yang akan di gunakan.

Bunga Kering

Bunga kering selain untuk kegunaan simbol-simbol acara tertentu, untuk dekorasi ruangan atau rumah pun sering di butuhkan, kebutuhan para konsumen untuk bunga di nilai tidak akan pernah redup, oleh sebab itulah usaha bunga kering sangat menjanjikan.

Bunga kering memiliki keindahan dan makna tersendiri dan bunga kering sering dimaknai dengan keabadian dan kesetiaan.

Hal tersebut dikarenakan, ketika bunga sudah kering, ia sudah berada dalam titik, yang tidak akan berubah bentuk lagi.

Wisata Taman Bunga

Bunga sejak dahulu dikenal sebagai simbol kebahagiaan. Oleh karena itu, dengan membuat taman bunga dan menjadikan wisata merupakan salah satu bisnis dibidang agribisnis yang sangat menjanjikan.

Sarana dan Prasarana Pertanian

Mendukung tren gaya hidup masyarakat yang menyukai aktivitas berkebun, kalian bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan memulai usaha sarana dan prasarana pertanian dengna menjual beberapa kebutuhan masyarakat akan berkebun seperti  bibit, pot, pupuk, media tanam, alat-alat berkebun lainnya.

Itulah informasi tentang ide kreatif peluang usaha bidang agribisnis tanaman hias, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peluang Usaha Bidang Agribisnis Tanaman Hias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel