>

Cara Mengetahui Sapi yang Sedang Bunting

Cara Mengetahui Sapi yang Sedang Bunting
Cara Mengetahui Sapi yang Sedang Bunting - Bagi kalian yang sedang menjalankan usaha peternakan sapi ada baiknya jika mengetahui sapi memiliki tanda-tanda kebuntingan karena jika sapi bunting perlu adanya persiapan dan perawatan terlebih dahulu. 
Cara Mengetahui Sapi yang Sedang Bunting

Hal ini penting untuk diketahui karena dibutuhkan persiapan untuk membantu kelahiran serta persiapan awal masa pertumbuhan anak sapi kalian. 

Secara sederhana kebuntingan pada sapi dapat diamati dalam 21 hari setelah masa perkawinan dilakukan, jika setelah perkawinan dilakukan dan kalau tidak ditunjukkan tanda-tanda birahi berarti kebuntingan pada sapi terjadi.

Namun sebaliknya jika setelah perkawinan dilakukan dan akan mucul tanda-tanda birahi kembali, berarti perkawinan pada sapi perlu dilakukan kembali.

Kalian juga dapat melakukan perabaan pada sapi untuk mengetahui sapi yang bunting, namun jika tidak mengetahui tekniknya kalian bisa memanggil petugas yang terlatih dan sudah berpengalaman.

Untuk lamanya waktu sapi yang bunting berkisar 280-285 hari, dan setelah anak sapi lahir, induk sapi dapat kalian kawinkan kembali setelah 3 bulan melahirkan.

Adapun tanda-tanda untuk mengetahui sapi yang bunting adalah sebagai berikut.

Sapi Sudah Tidak Minta Kawin Lagi Sejak Dikawinkan

Jika sapi kalian sedang bunting biasanya sudah tidak ingin kawin lagi dengan sapi pejantan yang ingin kawin dengannya, hal ini dapat kalian ketahui sebagai salah satu tanda bahwa sapi kalian sedang bunting.

Masa di mana sapi yang bunting dan tidak ingin melakukan perkawinan lagi dengan sapi pejantan disebut masa anestrus atau absennya aktivitas seksual pada sapi betina.

Gerakan Sapi Jadi Lambat

Sapi yang sedang bunting memiliki tanda-tanda gerakannya jadi lambat karena janin di dalam tubuhnya akan membuat gerakan sapi betina jadi lambat daripada biasanya.

Hal ini mengakibatkan bahwa selain tubuhnya yang berat dan jika sapi yang sedang bunting terlalu banyak gerak akan mengakibatkan luka pada janinnya serta indukan sapi tersebut.

Oleh karena itu sapi yang sedang bunting biasanya gerakanya jadi lebih lambat dan mungkin akan terlihat lebih malas.

Makannya Lebih Banyak Serta Peningkatan Berat Badan Sapi

Sapi yang sedang bunting akan terlihat pada peningkatan makannya lebih banyak serta mengalami peningkatan berat badan.

Jika sapi mengalami kenaikan berat badan yang cukup besar dan tidak ada gejalah penyakit atau hal lainnya yang berpotensi menyebabkan sapi mengalami kenaikan berat badan selain karena adanya janin di dalam perutnya, maka dipastikan sapi sedang mengalami kebuntingan.

Sapi Lebih Tenang

Sapi yang sedang mengalami kebuntingan akan mengalami banyak perubahan hormon dan salah satu perubahan hormon tersebut adalah sapi jadi lebih tenang dari biasanya.

Memang pada kondisi tertentu sapi akan tetap agresif terutama saat dipaksa kawin, namun demikian secara umum sapi menjadi lebih tenang bila dibandingkan saat sapi sedang mengalami kebuntingan.

Ambing Sapi Mulai Membesar

Sapi yang sedang mengalami kebuntingan akan mengalami pembesaran kelenjar susu sapi secara progresif, hal ini tentunya untuk menyiapkan asupan nutrisi yang nanti akan diperlukan oleh anak sapi.

Dengan demikian, apabila kelenjar air susu yang dimiliki oleh sapi membesar, kemungkinan besar sapi tersebut sedang mengalami kebuntingan. 

Perut Sebelah Kanan Membesar

Jika sapi mengalami kebuntingan perut sebelah kanan akan membesar secara progresif, hal ini ditandai karena adanya calon akan yang sedang dikandung oleh sapi peliharaan kalian.

Kalian dapat melihat dengan jelas kondisi tersebut karena mulai terbentuknya janin yang menempati rongga di dekat perut kanan sehingga membuat badan sapi akan membesar secara progresif. 

Itulah informasi tentang cara mengetahui sapi yang sedang bunting, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "Cara Mengetahui Sapi yang Sedang Bunting"

  1. Terima kasih Ilmunya sangat bermanfaat. Salam Peternakan Indonesia. Kunjungi juga channel Youtube saya ya. Muh. Irwan La Ballung

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel