>

Cara Penanganan Induk Sapi yang Sedang Bunting

Cara Penanganan Induk Sapi yang Sedang Bunting
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Penanganan Induk Sapi yang Sedang Bunting, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Cara Penanganan Induk Sapi yang Sedang Bunting - Hal utama yang perlu diperhatikan pada sapi yang sedang bunting adalah dengan penanganan ransum dan kesehatan pada sapi yang sedang bunting. 
Cara Penanganan Induk Sapi yang Sedang Bunting

Karena dengan pemberian ransum yang baik pada sapi yang sedang bunting serta kesehatan terpelihara dengan baik akan melahirkan akan sapi yang sehat dan kuat.

Sapi yang sedang bunting juga banyak sekali memerlukan gerak badan untuk itu kalian bisa melepaskan sapi yang sedang bunting di padang penggembalaan dengan cara diepas secara teratur selama 1-2 jam setiap hari.

Dengan demikian, induk sapi yang sedang bunting tersebut dapat bergerak secara leluasa, mendapatkan sinar matahari dan mendapatkan udara yang segar serta urat menjadi terlatih sehingga peredaran darah berjalan lancar.

Selain itu, pemberian pakan yang tidak baik juga selama sapi sedang bunting akan mempengaruhi kesehatan dan produksi susu, oleh karena itu induk sapi yang sedang bunting harus diupayakan agar selalu dalam keadaan kenyang.

Dua sampaitiga hari sebelum melahirkan atau bunting kalian juga perlu memberikan pakan khusus yang memenuhi standar kualitas dan kuantitasnya agar memudahkan kelahiran anakan sapi atau pedet.

Pakan yang kandungan proteinnya terlalu rendah sebaiknya jangan diberikan karena akan mengganggu masa kelahiran anakan sapi atau pedet.

Untuk itu disarankan agar memberikan pakan yang kandungan energinya tinggi dan ditambah molase untuk membantu kelancaran pada saat melahirkan anakan sapi atau pedet.

Pada saat induk sapi yang sedang bunting menjelang masa melahirkan, kalian juga harus menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, higienis, tenang dan nyaman. Oleh karena itu beberapa kegiatan perlu kalian lakukan sebagai berikut
  • Mengupayakan kandang harus selalu bersih, kering dan hangat
  • Membuat ukuran kandang yang lebih longgar, maka pada saat induk sapi melahirkan induk sapi juga dapat dilepas
  • Menjauhkan dari segala hal yang mengejutkan, baik yang bersifat fisik berupa benturan, dipukul, jatuh tergelincir dan kemungkinan tandukan sesama sapi atau suara-suara gaduh lainnya
  • Memandikan induk sapi bunting dengan larutan pencuci hama yang sifatnya ringan untuk menghindari organisme penyebab scours yang dapat mengancam keselamatan anakan sapi atau pedet

Untuk mempersiapkan yang baik pada sapi yang sedang bunting, kalian juga perlu mengetahui lamanya kebuntingan pada sapi. 

Pada umumnya lamanya sapi bunting rata-rata 285 hari, akan tetapi dapat bervariasi pada setiap induk sapi. Hal ini disebabkan oleh faktor antara lain.
  • Iklim
  • Perawatan
  • Pakan
  • Dan bangsa sapi

Berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu kesehatan sapi bunting dan foetus yang dikandungnya harus dapat kalian cegah. Penularan beberapa jenis penyakit melalui viral dapat menimbulkan infeksi pada plasenta dan foetus. 

Akibatnya pedet atau anakan sapi yang dilahirkan mati atau dalam keadaan lemah dan akhirnya mati. Infeksi juga dapat terjadi pada uretus sapi yang sedang bunting dan menimbulkan infeksi pula pada plasenta dan foetus.

Pencegahan penyakit pada sapi bunting maupun sapi lainnya, dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang, dan orang-orang yang memelihara atau merawat sapi tersebut.

Kandang harus dijaga supaya tetap bersih, ada baiknya pada waktu-waktu tertentu juga lantai kandang dibersihkan dengan menggunakan karbol atau densol tetapi tetap dijaga agar jangan sampai membahayakan sapi.

Selain itu, pembuangan air dalam kandang juga harus tersalurkan dengan baik dan diusahakan agar tidak terjadi genangan air di dalam dan disekitar kandang.

Kandang yang selalu terjaga kebersihannya, akan membuat sapi-sapi yang ada di dalam kandang selalu bersih serta usahakan sapi dimandikan setiap pagi.

Hal ini perlu kalian lakukan karena pada malam hari kandang tidak dibersihkan, sehingga kotoran sapi yang ada pada malam hari akan menempel pada badan sapi, pada saat sapi sedang tidur atau berbaring.

Peralatan kandang yang digunakan sehari-hari juga setiap selesai dipakai harus dibersihkan dan ditaruh pada tempat yang bersih dan aman.

Pada waktu ada wabah penyakit berjangkit, peralatan-peralatan kandang perlu dibersihkan dengan menggunakan desinfektan. 
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Penanganan Induk Sapi yang Sedang Bunting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel