>

Pakan yang Baik Untuk Kambing Perah

Pakan yang Baik Untuk Kambing Perah
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Pakan yang Baik Untuk Kambing Perah, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Pakan yang Baik Untuk Kambing Perah - Pada umumnya kambing perah membutuhkan pakan yang bermutu baik dan berkualitas untuk memproduksi susu yang baik pula. 
Pakan yang Baik Untuk Kambing Perah

Peningkatan mutu susu yang diproduksi oleh kambing perah dapat dilakukan dengan cara memberikan suplementasi nutrien pakan seperti suplementasi protein. 

Salah satu suplemen protein yang baik untuk diberikan sebagai pakan untuk kambing perah adalah kedelai, kedelai merupakan pakan yang memiliki protein tinggi, namun protein dan lemak yang tinggi dapat menjadi tidak efisien bagi ternak ruminansia. 

Protein tersebut akan didegradasi dalam rumen, sedangkan lemak tidak akan tersedia bagi mikroba rumen karena terikat oleh struktur lainnya. 

Sebelum kalian memberikan pakan berupa kedelai untuk ternak kambing perah, ada baiknya kalian meningkatkan kualitas pakan kedelai dengan cara dipanasi atau di sangrai terlebih dahulu.

Kedelai yang sudah disangrai, proteinnya akan diproteksi dari degradasi rumen dan lemaknya juga akan tersedia bagi mikroba rumen. Selain itu, kedelai sangrai juga merupakan sumber asam linoleat yang merupakan asam lemak esensial.

Selain itu, kalian bisa memberikan pakan hijauan, pakan hijauan yang dapat digunakan sebagai pakan kambing perah adalah rumput gajah (Pennisetum purpurium), kaliandra, lamtoro, gamal, turi, daun nangka, dan lain-lain. 

Rumput gajah baik digunakan untuk pakan karena penanaman mudah, produksi dan nilai produksi tinggi. Produksi rumput gajah kurang lebih 150 ton/ha/tahun dengan pemotongan pertama pada umur 50-60 hari dan pemotongan selanjutnya dilakukan setiap 30-50 hari sekali. 

Komposisi zat nutrisi yang terkandung dalam rumput gajah berdasarkan bahan keringya adalah abu 10,6%, protein kasar 9,6%, serat kasar 32,7%, lemak kasar 1,9%, bahan ekstra tanpa nitrogen (BETN) 45,2% dan total digestible nutrients (TDN) 54%.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pakan yang Baik Untuk Kambing Perah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel