>

Perlengkapan yang Dianjurkan Dalam Kandang Domba

Perlengkapan yang Dianjurkan Dalam Kandang Domba
Perlengkapan Kandang Domba - Perlengkapan kandang domba sangat dianjurkan tersedia, agar dalam pengelolaan yang berkaitan dengan tatalaksana dapat dicapai secara efisien. 
Perlengkapan Kandang Domba

Nah, bagi kalian yang melakukan ternak domba berikut perlengkapan yang dianjurkan dalam kandang domba.

Tempat Pakan atau Palung Pakan

Tempat pakan atau palung pakan haruslah tersedia dalam kandang domba, dimana tempat pakan atau palung pakan tersebut harus dibuat sedemikian rupa sehingga bahan pakan hijauan yang diberikan untuk ternak domba tidak tercecer. Pada tempat pakan atau palung pakan juga perlu disediakan ember untuk air minum.

Gudang Pakan

Gudang pakan tersebut berguna untuk menyimpan sementara pakan yang belum siap disajikan ke ternak domba. 

Hijauan pakan yang disimpan dalam gudang sebaiknya tidak diikat agar pakan hijaun tidak mengalami fermentasi yang menimbulkan panas dan akan mengurangi kualitas hijauan pakan ternak.

Hijauan pakan yang dilayukan nilainya akan lebih baik untuk ternak domba dibanding dengan yang baru atau masih lembab. 

Pakan penguat juga perlu disimpan pada tempat yang terhindar dari proses pembusukan dan serangan hama.

Tempat Umbaran

Tempat umbaran merupakan salah satu kelengkapan dari sistem perkandangan domba yang baik. Domba dimasukkan ke tempat umbaran pada saat kandang sedang dibersihkan.

Tempat umbaran juga berfungsi sebagai tempat refresing atau penyegar bagi ternak domba sekaligus sebagai tempat olahraga bagi ternak.

Untuk ternak domba juga yang tidak digembalakan perlu bermain di tempat kandang umbaran secara teratur, agar kesehatan domba terjaga.

Kesulitan induk melahirkan merupakan salah satu contoh yang sering terjadi di tingkat peternak karena ternak domba sedang bunting kurang olahraga atau bergerak, untuk itu dalam pembuatan kandang domba perlu disediakan tempat umbaran.

Tempat Kotoran Sebagai Pembuatan Kompos

Dalam pembuatan kandang domba, tempat kotoran merupakan salah satu perlengkapan yang sudah sewajarnya kalian sediakan.

Pada kandang tipe lemprak yang diguanakan sebagai sebagai kandang domba kereman atau yang digemukkan, sisa pakan atau kotoran ternak akan menumpuk jadi satu dan sangat mengganggu kesehatan ternak domba.

Pada kandang tipe panggung kotoran tertumpuk pada kolong lantai kandang, agar kotoran dapat jatuh kebawah maka lantai harus dibuat, kemudian diatur terlalu rapat dan cukup bersela kurang lebih 1,5-2 cm.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Perlengkapan yang Dianjurkan Dalam Kandang Domba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel