>

Faktor yang Perlu Dipertimbangan Dalam Pembuatan Kandang Ternak

Faktor yang Perlu Dipertimbangan Dalam Pembuatan Kandang Ternak
Faktor yang Perlu Dipertimbangan Dalam Pembuatan Kandang Ternak - Pada umumnya kandang berfungsi sebagai tempat tinggal ternak untuk melidungi dari pengaruh buruk iklim seperti hujan, panas, angin dan temperatur serta gangguan lainnya seperti hewan liar dan pencurian ternak.
Faktor yang Perlu Dipertimbangan Dalam Pembuatan Kandang Ternak

Agar ternak berproduksi secara optimal maka kandang harus mampu memberikan tempat yang nyaman bagi ternak tersebut.

Nah, dalam pembuatan kandang ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan yaitu faktor biologis, faktor teknis dan faktor ekonomis.

Faktor Biologis

Faktor biologis ternak yang perlu dipertimbangkan adalah sensitifitas respon ternak terhadap unsur iklim, seperti ternak sensitif terhadap panas maka perlu merancang kandang agar tidak menyembabkan iklim di dalam kandang panas, hal ini bertujuan agar ternak dapat berproduksi secara optimal.

Faktor Teknis

Kandang perlu dibuat kuat agar dapat memberikan fungsi kandang yang baik. Kontruksi, bahan dan tata letak bangunan harus di hitung berdasarkan perhitungan arsitektur yang sesuai.

Faktor Ekonomis

Tujuan pemeliharaan ternak adalah memberikan nilai ekonomi bagi peternak itu sendiri, semua faktor dalam proses pengelolaan ternak juga harus dipertimbangkan secara ekonomi.

Kandang yang merupakan investasi tetap dan jangka panjang  harus dibuat yang kuat tetapi menggunakan bahan bangunan yang tidak terlalu mahal.

Efisiensi penggunaan bangunan dilakukan dengan mengatur tata letak, dan merancang kapasitas bangunan dengan baik.

Peralatan juga perlu dilengkapi dalam kandang sebagai wahana kegiatan budidaya ternak dan alat bantu untuk meningkatkan produktifitas peternak yang berfungsi untuk menurunkan biaya tenaga kerja.

Sebagai wahana kegiatan budidaya peralatan terdiri dari tempat pakan, minum, peralatan kesehatan ternak dan lain-lain yang diperlukan dalam melakukan budidaya ternak.

Peralatan peningkatan produktifitas terdiri dari mesin pembuatan pakan, alat transportasi, mesin pemanenan hasil ternak dan lain-lain.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Faktor yang Perlu Dipertimbangan Dalam Pembuatan Kandang Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel