Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengelolaan Pakan Pada Kambing yang Sedang Bunting

Pengelolaan Pakan Pada Kambing yang Sedang Bunting - Pengelolaan pakan pada kambing yang sedang buntingdapat dibagi menjadi dua periode yaitu pada periode awal kebuntingan dan periode akhir masa kebuntingan.

Pengelolaan Pakan Pada Kambing yang Sedang Bunting

Pada periode awal kebuntingan berlangsung selama 3-4 bulan pertama usia dan periode akhir kebuntingan berlangsung selama 1-2 bulan sebelum melahirkan.

Selama awal masa kebuntingan pada kambing tingkat kebutuhan akan nutrisi tidak berbeda jauh dengan kebutuhan nutrisi pada kambing yang tidak bunting.

Oleh sebab itu, kondisi pakan yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok. Dengan kata lain, induk kambing yang sedang bunting cukup diberikan pakan hijauan dengan kualitas baik dengan syarat tanaman muda dan rasio daun/batang tinggi, dalam jumlah tidak terbatas yaitu sekitar 15-20% dari bobot tubuh dan diberikan 2-3 hari sekali.

Apabila kondisi pakan ini dapat dipenuhi, maka pemberian konsentrat tidak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi induk kambing yang sedang bunting.

Salah satu indikasi yang mudah digunakan untuk mengetahui apakah jumlah hijauan yang diberikan sudah mencukupi adalah ada tidaknya sisa pakan pada keesokan harinya.

Kombinasi rumput dengan tanaman legum seperti Glirisidia, Lamtoro, Kaliandra ataupun Indigospera sangat bermanfaat diberikan pada kambing yang sedang bunting.

Daun legum dapat diberikan sebanyak 500-1000 gram/ekor/harinya dalam bentuk segar, tergantung ketersediaan bahan.

Apabila ketersediaan legum sangat terbatas, pemberiannya dapat dilakukan berselang atau intermittent. Induk kambing yang belum terbiasa dengan salah satu jenis legum tersebut biasaya membutuhkan waktu adaptasi selama 1-2 minggu sebelum mampu mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Dalam periode akhir masa kebuntingan yaitu sekitar 1-2 bulan sebelum melahirkan, kebutuhan nutrisi induk kambing yang sedang bunting biasanya meningkat secara tajam.

Oleh karena itu pada periode ini pertumbuhan janin didalam kandungan meningkat tajam, penggunaan konsentrat yang mengandung banyak energi, protein dan vitamin perlu dipertimbangkan.

Dalam periode ini peningkatan asupan nutrisi diperlukan untuk pertumbuhan janin secara maksimal dan pembentukan cadangan lemak dan protein dalam tubuh induk kambing yang sedang bunting agar dapat digunakan sebagai sumber nutrisi selama masa menyusui.

Pakan konsentrat dari bahan baku yang tersedia secara lokal sangat baik diberikan kepada induk kambing yang sedang bunting tua dan sedang menyusui.

Post a Comment for "Pengelolaan Pakan Pada Kambing yang Sedang Bunting"