>

Persiapan Media Penanaman Untuk Hidroponik Tanaman Tomat

Persiapan Media Penanaman Untuk Hidroponik Tanaman Tomat
Persiapan Media Penanaman Untuk Hidroponik Tanaman Tomat - Syarat media tanam untuk hidroponik adalah mampu menyerap dan menghantarkan air, tidak mudah busuk, tidak mempengaruhi pH, steril, bebas dari bibit hama dan penyakit, bersifat mudah dilalui air (porus), ringan, tidak mengandung racun, dan harganya murah.
Persiapan Media Penanaman Untuk Hidroponik Tanaman Tomat

Di dalam sistem hidroponik, fungsi media tanam hanya sebagai pegangan akar dan perantara larutan nutrisi untuk tanaman. 

Sebelum semua media hidroponik tadi digunakan, lakukan sterilisasi terlbeih dahulu seperti sterilisasi pada media pembenihan. Media tanam yang bisa dan biasa digunakan untuk hidroponik tanaman tomat sebagai berikut.

Gambut

Kelebihan gambut sebagai media penanaman untuk hidroponikadalah banyak mengandung unsur hara, porositasnya baik, ringan, steril, dan harganya tidak begitu mahal, namun sifatnya yang terlalu mengikat air menjadi titik lemah dari gambut.

Sabut Kelapa

Sebelum diolah menjadi media tanam hidroponik, sabut kelapa harus direndam di dalam air terlebih dahulu untuk menghilangkan zat tanin yang merugikan tanaman.

Perendaman dilakukan berulangkali sampai air rendaman berwarna bening. Nilai lebih dari sabut kelapa adalah mudah didapat, harganya murah, bersifat porus, ringan, dapat dipegang oleh akar, dan steril.

Sekam Bakar

Sekam bakar adalah media hidroponik yang berasal dari kulit padi sisa dari mesin penggilingan beras. Proses pembuatan sekam bakar sangat sederhana dengan cara sekam yang sudah dikumpulkan langsung dibakar di dalam drum, seng, atau tungku.

Selama proses pembakaran berlangsung, sekam yang sudah menjadi arang atau berwarna hitam diangkat kemudian disiram dengan air supaya tidak menjadi abu.

Kelebihan sekam bakar sebagai media tanam hidroponik adalah mudah didapat, harga terjangkau, mempunyai porositas yang baik, steril dan ringan.

Rockwool

Media tanam hidroponik yang berasal dari serabut bantuan ini mempunyai porositas yang cukup baik, dapat dipegang oleh akar, ringan, dan steril. Sayangnya media tanam ini harganya mahal dan susah didapat.

Langkah selanjutnya adalah mengisi kantung plastik polibag, pot plastik, karung plastik, atau bantalan plastik dengan mediayang sudah dipersiapkan.

Plastik Polibag

Plastik polibag yang digunakan berukuran 30x25 cm. sebelum digunakan, lubangi dahulu plastik polibag di bagian samping dan bagian bawah supaya air mudah keluar dan sirkulasi udara lancar. Nilai lebih polibag adalah mudah didapatkan, harganya murah dan dapat digunakan berulangkali.

Pot Plastik

Keunggulan pot plastik adalah tahan lama dan bisa dipakai berulangkali. Namun, anggara yang agak besar harus disediakan jika ingin menggunakan pot plastik karena harganya mahal.

Pot yang digunakan sebaiknya tidak terlalu besar, setidaknya berukuran sama dengan plastik polibag dengan ukuran 30x25 cm.

Karung

Karung yang bisa digunakan adalah karung plastik bekas beras atau karung-karung lain yang berukuran sedang.

Bantalan Plastik

Bantalan plastik dibuat di atas lantai green house dengan panjang 50 cm, lebar 20 cm dan tinggi 10 cm. dengan luasan itu dapat ditanami dua tanaman tomat sekaligus. Bantalan plastik ini biasanya diisi dengan media rockwool.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Persiapan Media Penanaman Untuk Hidroponik Tanaman Tomat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel