>

Cara Merawat Kambing yang Sedang Bunting

Cara Merawat Kambing yang Sedang Bunting
Cara Merawat Kambing yang Sedang Bunting - Seleksi terhadap induk kambing yang sedang bunting dapat dilakukan dua bulan setelah perkawinan. Ternak kambing yang tidak bunting sebaiknya dikeluarkan dari kandang, lalu diikutkan pada kelompok lainnya untuk melakukan perkawinan selanjutya.
Cara Merawat Kambing yang Sedang Bunting

Untuk tanda-tanda permulaan kambing yang bunting sulit diketahui dengan pasti, tetapi perubahan tingkah laku dapat diamati dan dijadikan pegangan untuk kalian.

Kambing yang sedang bunting muda, gerak geriknya agak tenang, tidak gelisah, tidak agresif lagi, nafsu makannya meningkat, dan sering menjilati pintu kandang atau lantai.

Jika kalian sudah mengetahui kambing yang sedang bunting, harus segera dipisahkan darikambing lainnya yaitu dimasukkan ke dalam kandang tersendiri.

Kambing yang sedang bunting membutuhkan perawatan dan pakan yang lebih baik agar anak yang dikandungnya dapat tumbuh dengan sehat.

Masa bunting kambing ternak berlangsung sekitar 150 hari, pada saat kambing bunting muda sebaiknya kambing dijaga dan dihindari dari hal-hal yang dapat menyebabkan keguguran dan stres.

Pada tiga minggu pertama belum terlihat pertumbuhan kebuntingan yang nyata, untuk memastikan lebih jelasnya pada kambing yang sedang bunting, delapan minggu terakhir perut dan kelenjar ambing terlihat membesar saat itulah. 

Kambing yang sedang bunting perlu mendapat sinar matahari yang cukup setiap hari, untuk itu kandang harus luas agar dapat bergerak leluasa dan kondisi tubuhnya selalu terjaga agar tetap sehat, segar dan kuat.

Kambing yang sedang bunting harus dihindarkan dari berkelahi dengan hewan lain, karena jangan sampai kambing yang sedang bunting mengalami cidera dan terjatuh. 

Selain itu jangan dipaksa melakukan pekerjaan yang berat karena jika itu semua terjadi maka kambing yang sedang bunting tersebut akan mengalami stres dan keguguran.

Khusus pada kandang yang berbentuk panggung, pada saat kambing akan dikeluarkan dari kandang, sebaiknya menggunakan bantuan tangga. 

Usahakan pada saat kambing turun dari kandang jangan melompat karena akan menyebabkan kontraksi pada perut kambing sedang bunting.

Untuk memperlancar proses kelahiran pada kambing yang sedang bunting, sebaiknya kambing bunting setiap hari dikeluarkan dari kandang dan dibiarkan berjalan-jalan minimal satu jam setiap harinya.

Selama masa bunting pada kambing, usahakan memberikan pakan yang berkualitas karena kambing memerlukan makanan yang lebih banyak dan berkualitas untuk mendukung seluruh proses di dalam tubuhnya.

Usahakan juga selama masa kambing yang bunting, kambing mendapatkan tambahan kalsium, sehingga kepeluan kalsium dalam tubuh kambing maupun anak yang dikandungnya akan mencukupi kalsiumnya. 
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Merawat Kambing yang Sedang Bunting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel