>

Cara Pemasangan Mulsa Plastik Untuk Penanaman Tomat

Cara Pemasangan Mulsa Plastik Untuk Penanaman Tomat
Pemasangan Mulsa Plastik Untuk Penanaman Tomat - Jenis mulsa plastik yang biasa digunakan untuk penanaman tomat adalah mulsa plastik hitam perak (MPHP), bagian atas mulsa plastik ini berwarna perak, sementara itu bagian bawahnya berwarna hitam.
Cara Pemasangan Mulsa Plastik Untuk Penanaman Tomat

Pemasangan mulsa hitam perak dilakukan setelah bedengan selesai dipupuk dengan pupuk kandang ataupun pupuk kimia.

Sebagai pedoman, lahan tomat seluas satu hektar dengan populasi 18.000 tanaman dan jarak tanam 70x50 cm membutuhkan sekitar 10 rol mulsa plastik selebar 120 cm.

Keuntungan mulsa plastik hitam perak antara lain mampu menekan serangan hama dan penyakit sebab warna perak yang memantulkan sinar ultraviolet ke bawah permukaan daun mampu menekan populasi hama dan penyakit seperti aphid, thips, tungau, ulat dan cendawan yang banyak menghuni bagian permukaan bawah daun.

Keuntungan lain dari mulsa plastik adalah sebagai berikut:
  • Mengurangi penguapan air dan penguapan pupuk oleh sinar matahari sehingga mampu menekan biaya pemupukan dan penyiraman
  • Mencegah erosi tanah bedengan di musim hujan
  • Menghemat biaya tenaga kerja penyiraman, pemupukan, dan penyiangan gulma 
  • Menjaga kelembapan, suhu dan kegemburan tanah
  • Mengoptimalkan sinar matahari untuk fotosintesis lewat pantulan sinar yang dihasilkan oleh permukaan atas mulsa yang berwarna perak
  • Menghambat pertumbuhan gulma. Warna hitam yang terdapat di permukaan bawah mulsa memberi kesan gelap sehingga mampu menghambat pertumbuhan gulma kecuali rumput teki dan pisang karena mampu menembus mulsa
  • Suhu hanyat akibat penutupan mulsa plastik dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman tomat sehingga pertumbuhan tanaman ikut berkembang.

Pemasangan mulsa plastik sebaiknya dilakukan saat matahari sedang terik-teriknya sehingga dapat ditarik dan mengembang secara maksimal dan mampu menutup seluruh bedengan dengan baik.

Peralatan yang diperlukan untuk pemasangan mulsa plastik adalah sebagai berikut:
  • Pasak bambu yang berbentuk huruf U
  • Pisau atau gunting untuk memotong mulsa
  • Mulsa plastik hitam perak.

Sementara itu, tahap-tahap pemasangan mulsa plastik adalah sebagai berikut:
  • Siapkan mulsa plastik sepanjang bedengan dikurangi 0,5-1 meter karena mulsa plastik akan memuai jika ditarik dan terkena panas sinar matahari
  • Tarik perlahan-lahan setiap ujung mulsa plastik secara bersamaan supaya tidak robek, selanjutnya pasang pasak kedua ujungya dengan memakai pasak bambu
  • Pasak salah satu sisinya dengan jarak 50 cm untuk setiap pasak. Setelah satu sisinya selesai dipasak, pasang sisi lain sambil menarik mulsa plastik secara perlahan-lahan sehingga mampu menutup bedengan hingga rapat.

Setelah pemasangan selesai, mulsa plastik dapat dilubangi sambil menentukan jarak tanam, namun sebelum dilubangi tentukan terlebih dahulu caon lubang tanam yang ditandai dengan spidol.

Lubang tersbut dapat digunakan untuk menanam calon bibit tomat dan jarak tanam yang umum digunakan untuk tanaman tomat adalah 7-x40 cm.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Pemasangan Mulsa Plastik Untuk Penanaman Tomat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel