>

Perawatan Dalam Budidaya Ikan Gurame

Perawatan Dalam Budidaya Ikan Gurame
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Perawatan Dalam Budidaya Ikan Gurame, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Perawatan Dalam Budidaya Ikan Gurame - Dalam budidaya ikan gurame, perawatan merupakan faktor terpenting dalam perkembangan dan penentuan hasil panen ikan gurame.
Perawatan Dalam Budidaya Ikan Gurame

Perwatan ini harus selalu di lakukan guna untuk mendukung hasil panen yang maksimal di kemudian hari. Pada umumnya perawatan dalam budidaya ikan gurami bisa di kelompokkan kedalam tiga hal:

Pemberian Pakan

Pada umumnya pakan ikan gurami adalah pelet. Dalam pemilihan pelet harus di sesuaikan dengan kandungan gizi yang dapat mendukung pertumbuhan ikan gurami, yang paling penting adalah kadar protein. 

Ukuran protein yang sesuai untuk gurami yakni sekitar 27 sampai 30 persen. Untuk mengetahui kandungan kadar protein bisa dilihat di kemasan pelet. 

Biasanya per 1000 ekor gurami menghabiskan pakan 25 sak, dengan bobot persak yakni 30 kg dengan menghabiskan pakan sesuai aturan akan didapa hasil panen yang maksimal. 

Pemberian pakan di lakukan dua kali sehari yakni pagi dan sore. Untuk menunjang kebutuhan pakan juga besi di selingi dengan dedaunan seperti, daun kangkung, tales, dan ketela tahun, namun jika memakai tambahan pakan berupa dedaunan harus sering melakukan pengkondisian air.

Sirkulasi atau Pengkondisian Air

Kebersihan kolam dan perawatan air menjadi salah satu faktor penting dalam budidaya gurami. Pada umumnya, cara membersihkan kolam ikan menggunakan tehnik penyiponan, yaitu pembersihan kolam yang dilakukan dengan cara menyedot dan membuang kotoran atau sisa pakan. 

Perawatan air bisa dilakukan dengan cara mengalirkan air kekolam hingga tumpah setiap 2 hari sekali, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi cuaca yang esktrem. Seperti cuca yang sangat dingin atau panas.

Pencegahan Penyakit

Pada umumnya pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan cara pemberian vaksin anti virus kedalam pakan, atau juga bisa dilakuka dengan cara melarutkan vaksin tersebut kedalam air kolam, vaksin seperti ini sudah banyak tersedia di toko-toko perikanan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Perawatan Dalam Budidaya Ikan Gurame"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel