>

Pakan Buatan dan Pakan Alami Budidaya Ikan

Pakan Buatan dan Pakan Alami Budidaya Ikan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Pakan Buatan dan Pakan Alami Budidaya Ikan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Pakan Buatan dan Pakan Alami - Pakan merupakan salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan pertumbuhan budidaya ikan. Untuk pemberian pakan pada ikan kalian bisa menggunakan pakan buatan dan pakan alami,
Pakan Buatan dan Pakan Alami Budidaya Ikan

Pakan Buatan

Pakan buatan adalah pakan yang dibuat dengan formulasi dari campuran bahan-bahan baku berdasarkan pertimbangan pembuatnya. 

Dalam pembuatan pakan ikan, dapat mempertimbangkan kebutuhan nutrisi ikan, kualitas bahan baku, dan nilai ekonomis pakan. 

Pakan yang memiliki pertimbangan yang baik, akan menghasilkan pakan buatan yang disukai oleh ikan, tidak mudah hancur dalam air dan aman bagi ikan. 

Pakan buatan yang dibuat untuk proses pembesaran maupun pembenihan harus memenuhi kebutuhan gizi ikan. 

Pakan buatan diolah dengan campuran dari bahan-bahan baku yang memiliki mutu yang baik dan dibuat dalam bentuk tertentu sehingga tercipta daya terhadap pakan buatan tersebut.

Pembutan pakan buatan hal pertama yang dilakukan yaitu mengetahui jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan, karena setiap spesies ikan memiliki zat gizi pakan yang berbeda-beda tergantung pada ukuran dan keadaan lingkungan hidup tersebut. 

Nilai nutrisi pakan dapat dilihat dari komposisi gizinya seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Dalam pembutan pakan memilih bahan baku pakan sangat penting dilakukan. 

Bahan-bahan tersebut harus memenuhi beberapa syarat, yaitu mempunyai nilai gizi yang tinggi, mudah diperoleh dan harga relatif murah, mudah diolah, tidak mengandung racun, tidak merupakan makanan pokok manusia, sehingga tidak menimbukan persaingan.

Pakan Alami

Pakan alami merupakan pakan tersedia di alam dan mudah dicerna biasanya digunakan sebagai pakan benih ikan yang memiliki pencernaan yang belum sempurna, selain itu pakan alami merupakan pakan yang baik untuk benih karena dalam proses pembenihan pakan alami mampu mencegah sintasan yang tinggi pada benih ikan.

Salah satu pakan alami yaitu Cacing sutera (Tubifex sp) yang sangat disukai oleh ikan air tawar terutama benih ikan, cacing sutera memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat sangat baik bagi pertumbuhan benih ikan air tawar. Kandungan nutrisi cacing sutera yaitu 54,725% protein, 13,770% lemak, 22,250% karbohidrat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pakan Buatan dan Pakan Alami Budidaya Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel