>

Peralatan Kandang yang Wajib Disediakan Dalam Budidaya Ayam Broiler

Peralatan Kandang yang Wajib Disediakan Dalam Budidaya Ayam Broiler
Peralatan Dalam Budidaya Ayam Broiler - Dalam melakukan budidaya ayam broiler peralatan kandang wajib kalian sediakan untuk menunjang keberhasilan proses budidaya, Kandang harus dilengkapi dengan peralatan penunjang seperti tempat pakan dan minum, indukan atau brooder serta alat-alat sanitasi. 
Peralatan Kandang yang Wajib Disediakan Dalam Budidaya Ayam Broiler

Peralatan penunjang harus memadai baik secara kualitas maupun kuantitas agar tidak terjadi kompetisi yang akan mengakibatkan stres terutama pada ayam yang dipelihara dengan sistem litter karena ayam dipelihara secara berkelompok.

Peralatan kandang juga sangat berperan dalam membantu pekerjaan didalam kandang. Peralatan yang wajib terdapat didalam kandang antara lain tempat pakan, tempat minum, pemanas dan pencayaan. Berikut penjelasannya.

Tempat Pakan

Tempat pakan yang umum digunakan pada proses pemeliharaan ayam broiler ada 2 macam yaitu Chick feeder tray merupakan tempat pakan yang digunakan selama proses pemeliharaan satu hari sampai satu atau dua minggu dengan kapasitas 100 DOC/buah. 

Setelah itu tempat pakan untuk ayam diganti seluruhnya dengan tempat pakan ayam dewasa. Pada umumnya menggunakan round feeder (tempat pakan bundar) dengan kapasitas yang berbeda-beda. 

Ayam pedaging harus memiliki tempat pakan yang memadai sesuai umurnya, semakin banyak umurnya maka perlu ditambah jumlah tempat pakan dan minum. 

Pada umur pemeliharaan 1 sampai 14 hari minimal diperlukan lebar tempat pakan 2 inchi per ekornya. Metode pengisian pakan tidak perlu dianjurkan untuk mengisi penuh. Hal ini untuk menghindari tercecernya pakan.

Tempat Minum

Dalam peralatan ayam broiler juga terdapat dua jenis tipe tempat minum yang digunakan selama pemeliharaan ayam broiler yaitu chick found yang digunakan pada umur satu hari sampai satu atau dua minggu dengan kapasitas 75 DOC/buah. 

Tempat air bundar (round drinker) untuk ayam yang berumur lebih dari 2 minggu baik yang manual atau secara otomatis. 

Tempat minum yang bisa disediakan untuk ayam baik yang model konvensional atau yang modern seperti bilahan pipa paralon, bilahan bamboo, botol aqua yang dilubangi tengahnya, nipple (tempat minum otomatis untuk satuan), gallon minum manual dan gallon minum otomatis. 

Sebagai patokan dibutuhkan sekitar 3 buah tempat minum ukuran 1 litter untuk 100 ekor anak ayam dan pada umur 6 minggu sampai siap jual dibutuhkan tempat minum 6 buah dengan ukuran 2 litter untuk jumlah ayam yang sama.

Pemanas

Ayam broiler membutuhkan sumber panas untuk menjaga suhu tubuh agar lebih stabil. Pemanas pada 7 hari pertama sangat penting dilakukan saat memelihara ayam pedaging. Suhu yang rendah akan membuat pertumbuhan terhambat. 

Sebaliknya jika suhu yang tinggi juga akan membuat ayam pedaging mudah dehidrasi dan menyebabkan kematian atau pertumbuhan terhambat. 

Untuk itu kalian bisa menggunakan pemanasan secara langsung yaitu memanaskan udara dengan alat pemanas secara konveksi dan memasukkan udara panas tersebut ke dalam ruangan.

Dan pemanas tidak langsung untuk memanaskan udara yang ada di dalam ruangan dengan alat pemanas secara radiasi sehingga meningkatkan temperature ruang.  

Suhu induk buatan yang baik untuk anak ayam tergantung pada jenis induk buatan yang digunakan. Suhu lantai di bawah induk buatan yaitu 32oC pada hari pertama, diturunkan kira-kira 2,8 derajat celcius per minggu. 

Pada umur 2 minggu sampai dipasarkan, unggas tidak membutuhkan lagi alat pemanas buatan dan suhu lingkungan diusahakan tetap 21 derajat celcius. Alat pemanas bisa terbuat dari lampu pijar, petromaks, listrik atau infra merah.

Pencahayaan (lighting)

Program pencahayaan mempunyai tujuan untuk memperlambat kecepatan pertumbuhan awal dari ayam pedaging untuk mencapai dewasa fisiologis sebelum kecepatan maksimal pertumbuhan atau perkembangan otot.

Pengaruh cahaya pada unggas tergantung 3 faktor yaitu panjang gelombang, intensitas dan lama pencahayaan. Intensitas cahaya yang cukup dapat memperbaiki konversi pakan, bobot tubuh dan mengurangi kanibalisme.

Itulah informasi tentang peralatan kandang yang wajib disediakan dalam budidaya ayam broiler agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peralatan Kandang yang Wajib Disediakan Dalam Budidaya Ayam Broiler"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel