>

Peluang Usaha Dalam Pengolahan Rumput Laut Menjadi Dodol

Peluang Usaha Dalam Pengolahan Rumput Laut Menjadi Dodol
Peluang Usaha Dalam Pengolahan Rumput Laut Menjadi Dodol - Dodol merupakan salah satu produk olahan hasil pertanian yang termasuk dalam jenis makanan yang mempunyai sifat agak basah sehingga dapat langsung dimakan tanpa dibasahi terlebih dahulu dan cukup kering sehingga dapat stabil dalam penyimpanan. 
Peluang Usaha Dalam Pengolahan Rumput Laut Menjadi Dodol

Pada umumnya, dodol merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari bahan tepung ketan, santan kelapa, gula pasir serta aneka bahan tambahan lainnya misalnya saja buah-buahan sebagai peningkat cita rasa. 

Salah satu peluang usaha yang bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan adalah mengolah rumput laut menjadi dodol. 

Disamping peluang usaha rumput laut ini pun masih sangat terbuka lebar untuk dijalankan, manfaat mengolah rumput laut menjadidodol membuatnya menjadi makanan yang sehat.
 
Dodol rumput laut merupakan salah satu bentuk diversifikasi produk pengolahan rumput laut. Dodol rumput laut dibuat dengan menambahkan rumput laut guna meningkatkan nilai guna dari rumput laut. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi kualitas dodol adalah komposisi bahan bakunya. 

Oleh karena itu, perlu diketahui proporsi tepung ketan dan rumput laut yang baik. Pembuatan dodol rumput laut melalui dua proses, yaitu proses pencucian dan perendaman. 

Sebelum direndam, rumput laut dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada rumput laut. 

Setelah itu, rumput laut kering direndam dalam air tawar sebanyak 18 kali berat rumput laut (sampai rumput laut terendam semua dalam air) dan setiap satu hari sekali air tawar tersebut diganti. 

Penambahan air saat perendaman dilakukan dua atau tiga hari sampai tekstur rumput laut menjadi agak lunak, tidak berbau, dan berwarna putih.

Perendaman kedua dilakukan dengan air tawar atau kapur sirih 1% selain untuk menghilangkan bau amis, perendaman dimaksudkan agar rumput laut lebih aseptis dan memiliki tekstur lebih mantap. Setelah satu jam, kemudian rumput laut tersebut dicuci sampai bersih. 
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peluang Usaha Dalam Pengolahan Rumput Laut Menjadi Dodol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel