>

Konstruksi Kandang yang Baik Untuk Budidaya Ayam Broiler

Konstruksi Kandang yang Baik Untuk Budidaya Ayam Broiler
Konstruksi Kandang Budidaya Ayam Broiler - Konstruksi atau bangunan kandang yang baik untuk melakukan budidaya ayam broiler terdiri dari atap, dinding, ventilasi dan lantai. Konstruksi ini juga dapat dijadikan dasar kandang yang digunakan oleh peternak untuk melakukan budidaya ayam broiler. 
Konstruksi Kandang yang Baik Untuk Budidaya Ayam Broiler

Konstruksi kandang yang baik rata-rata bisa bertahan 10-20 tahun. Prinsipnya kandang harus dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. 

Banyak bentuk dan konstruksi kandang yang bisa dibangun tetapi semuanya harus didasarkan pada kegunaan dan rencana usaha yang dijalankan.

Nah, untuk mengetahui kontruksi atau bangunan kandang yang baik untuk melakukan budidaya ayam broiler, simak penjelasannya berikut ini.

Atap

Ada beberapa bentuk atap yang umum digunakan untuk kandang ayam broiler, dimana setiap bentuk akan berpengaruh terhadap sirkulasi udara dari dalam ke luar dan dari luar ke dalam kandang. 

Bentuk monitor menjadikan sirkulasi udara lebih lancar dan membantu mengeluarkan debu dan ammonia dari dalam kandang.

Pemilihan bahan atap kandang merupakan salah satu usaha untuk mengendalikan faktor lingkungan sehingga ayam broiler dapat hidup dengan nyaman dalam kandang. 

Pemilihan bahan atap kandang juga merupakan salah satu usaha penting untuk mengendalikan faktor lingkungan sehingga ayam broiler dapat hidup dengan nyaman dalam kandang, karena masing-masing bahan atap kandang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam menyimpan dan menyebarkan panas lingkungan. 

Kalian bisa memilih atap yang konveksi, konduksi dan radiasi panas yang disebarkan ke dalam ruangan kandang yang dapat berpengaruh pada produktivitas ayam broiler.

Dinding

Pada kandang ayam broiler, kalian bisa membuat dinding yang terbuka terbuat dari anyaman kawat atau bambu, biasa dilengkapi dengan tirai plastik atau goni untuk menghalangi angin langsung dan mempertahankan suhu udara pada malam hari.

Pada umumnya ayam broiler dipelihara pada kandang battery ditempatkan dalam ruangan yang berdinding. Tirai biasanya berupa terpal atau plastic tebal, yang dipasang melingkupi seluruh kandang. 

Fungsinya melindungi kandang dari cuaca dingin pada saat ayam belum tumbuh bulu, pada malam hari atau saat musim hujan. 

Tirai ini diatur sesuai kebutuhan yaitu umur anak ayam dan bahan yang digunakan secara umum plastik dan kain. Dinding yang baik pada kandang closed house dapat menjamin tidak adanya udara yang masuk dari dinding.

Ventilasi

Ventilasi sangat penting untuk mewujudkan kenyamanan dan pertukaran udara yang terus menerus agar menjaga kesegaran udara. Kandang memiliki sistem ventilasi berupa blower, cooling pad yang berfungsi untuk mengatur suhu, kecepatan angin dan kelembapan.

Cooling pad di pasang di bagian samping kiri dan kanan depan kandang yang berfungsi untuk memasukkan udara kedalam kandang, udara kotor atau panas dapat disaring oleh celdek pada cooling pad.

Fungsi cooling pad sendiri sebagai penyaring dan apabila udara dari luar panas masuk kedalam kandang maka air pada motor cooling pad akan turun melalui celdek supaya udara yang masuk ke dalam kandang akan terasa dingin dan ayam akan merasa tetap nyaman pada suhu lingkungan dalam kandang.

Lantai

Dalam membuat lantaikandang, ada dua macam lantai yang biasa dipakai oleh peternak ayam broiler yakni lantai rapat (litter) dan lantai berlubang. Keuntungan dari lantai litter antara lain keadaan kandang lebih hangat dan pengelolaannya lebih mudah. 

Namun, ada kalian juga harus mengetahui kerugiannya yaitu terjadinya fermentasi litter yang menghasilkan gas metan dan amonia yang dapat meningkatkan suhu udara dalam kandang sehingga dapat menyebabkan perubahan tingkah laku yaitu timbulnya sifat agresif.

Kandang dengan tipe litter pengelolaannya lebih mudah dan praktis, hemat tenaga dan waktu, lantai
kandang relatif tahan lama, lantai tidak mengakibatkan telapak kaki ayam terluka dan mengeras. Lantai beralas sering juga disebut sistem litter yang lantainya diberi alas setebal 5-10 cm.

Itulah informasi tentang konstruksi kandang yang baik dalam budidaya ayam broiler sehingga mendapatkan hasil sesuai harapan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda, selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Konstruksi Kandang yang Baik Untuk Budidaya Ayam Broiler"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel