>

Pengolahan Bambu Menjadi Kerajinan Anyaman

Pengolahan Bambu Menjadi Kerajinan Anyaman
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Pengolahan Bambu Menjadi Kerajinan Anyaman, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Pengolahan Bambu Menjadi Kerajinan Anyaman - Sudah sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan bambu sebagai bahan anyaman.  
Pengolahan Bambu Menjadi Kerajinan Anyaman

Berbagai barang rumah tangga dibuat dengan anyaman bambu seperti dinding gubuk,tampah, kap lampu, piring, loka penyajian makanan, meja, dipan, dan juga topi caping.

Berbagai benda dari anyaman bambu ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Oleh karena itu tidak heran bila banyak berkembang usaha rumahan membuat usaha kerajinan tangan dengan memanfaatkan bambu. Secara garis besar pemanfaatan bambu dapat dipisahkan kedalam dua golongan 
  • Berdasarkan bentuk bahan baku yaitu bambu yang masih dalam keadaan bulat, bambu yang dibelah, gabungan bambu bulat dan bambu belah serta serat bambu
  • Berdasrkan penggunaan akhir yaitu konstruksi dan konstruksi

Batang bambu yang masih dalam keadaan bulat dapat dimanfaatkan untuk komponen bangunan rumah,seperti dinding, atap rumah,lantai, pintu, jendela dan tiang juga sebagai konstruksi jembatan, pipa saluran air dan sebagainya. 

Batang bambu yang sudah dibelah banyak dimanfaatkan untuk industry kerajinan dalam bentuk anyaman atau ukiran dan perabot rumah tangga. Bambu dapat dijadikan berbagai produk kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. 

Di Indonesia bambu dimanfaatkan sebagai bahan kerajianan dari yang sederhana hingga yang bernilai seni tinggi. 

Saat ini kerajinan bambu sudah menjadi komoditi pasar internasional. Berikut beberapa model kerajinan anyam bambu :

Anyaman Bambu Tipis

Anyaman Bambu Tipis

Anyaman bambu tipis merupakan bahan dasar untuk membuat kerajinan seperti gedeg,atap rumah dan pembatas dinding. Prosesnya yaitu dengan menjadikan bambu menjadi lembaran tipis.

Anyaman Luntir

Anyaman Luntir

Anyaman luntir berbahan bambu dengan dibentuk seperti kawatan atau silinder biasanya digunakan untuk membuat tirai dan taplak meja.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pengolahan Bambu Menjadi Kerajinan Anyaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel