>

Panen dan Pasca Panen Pada Tanaman Kopi

Panen dan Pasca Panen Pada Tanaman Kopi
Panen dan Pasca Panen Kopi - Tanaman kopi mulai biasanya sudah berbuah pada umur 2 sampai 3 tahun, tergantung ketinggian daerah tanam, jenis kopi dan keadaan pertumbuhanya.  
Panen dan Pasca Panen Pada Tanaman Kopi

Pada umumnya panen pertama buah kopi itu masih sedikit, namun akan terus bertambah dari tahun ke tahun dan pada umur 5 tahun ke atas produksi buah tinggi.

Dalam pemanenan buah kopi dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu pemetikan pendahuluan yang dilakukan pada bulan februari-maret untuk memetik buah yang terkena serangan bubuk kopi, kopi yang diserang sudah berwarna kuning sebelum umur delapan bulan. 

Selanjutnya petik merah, ini dilakukan saat panen raya dan yang terakhir adalah petik hijau (Racutan), dilakukan dengan memetik buah yang tersisa buah pohon sekitar 10% pemanenan, setelah dipetik buah yang berwarna merah dipisah dengan buah yang berwarna hijau.

Proses pasca panen dapat menentukan mutu hasil panen. Pada penanganan kopi setelah panen, mulai dari sortasi (pemilihan) gelondong, pengolahan, sortasi biji, hingga pengepakan/penyimpanan. Umumnya ada dua cara pengolahan kopi, yaitu pengolahan kering dan pengolahan basah. 

Pada Pengolahan kering sangat cocok untuk lahan yang tidak terlalu luas karena alatnya sederhana dan biaya investasi rendah. Pengolahan ini ditujukan kepada kopi Robusta. 

Kopi tersebut sudah dapat menghasilkan mutu yang baik tanpa fermentasi. Sementara itu, kopi Arabika sedapat mungkin diolah secara basah karena memerlukan proses fermentasi agar kopi yang dihasilkan bermutu tinggi.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Panen dan Pasca Panen Pada Tanaman Kopi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel