>

Sistem Pemeliharaan Secara Alami Pada Peternakan Ayam

Sistem Pemeliharaan Secara Alami Pada Peternakan Ayam
Pemeliharaan Secara Alami Peternakan Ayam - Pada umumnya pemeliharaan secara alami pada peternakan ayam merupakan sistem pemeliharaan ekstensif (free range) yang menghasilkan ayam dengan level welfare lebih tinggi yang menghasilkan kualitas produk yang lebih baik. 
Sistem Pemeliharaan Secara Alami Pada Peternakan Ayam

Ayam yang dipelihara dengan sistem free range akan mengekspresikan insting yang lebih alami dan mengindikasikan derajat kesehatan ternak, kondisi pemeliharaan yang lebih alami akan mengalami peningkatan aktifitas dari ayam dan dapat menurunkan kadar lemak, kolesterol dan residu antibiotik pada daging dan telur.

Semakin digalakkannya animal welfare pada dunia peternakan memaksa semua sektor peternakan yang ada untuk meningkatkan kualitas hidup ternak yang dipeliharanya dengan cara tingkat kesejahteraan dari ternak itu diperhatikan, termasuk dunia peternakan ayam. 

Dengan adanya prinsip animal welfare diharapkan dapat meningkatkan insting alamiah ayam kembali seperti awalnya, sehingga ayam tidak akan tergantung lagi sepenuhnya pada pakan komersil yang cenderung mengandung antibiotika.

Selangkah lebih maju dari prinsip animal welfare inilah sehingga muncul sistem pemeliharaan free range untuk menciptakan ayam organik. Produk peternakan yang dihasilkan secara alami diyakini sebagai makanan yang lebih sehat dibanding dengan produk unggas yang dihasilkan dari sistem budidaya intensif. 

Secara umum ayam yang dipelihara secara intensif dengan tingkat kepadatan yang tinggi dan sepanjang
hidupnya ayam tidak memiliki kesempatan untuk hidup secara alami, untuk itu pemeliharaan secara alami pada peternakan ayam sangat baik dilakukan untuk meningkatkan  insting alamiah ayam kembali.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Sistem Pemeliharaan Secara Alami Pada Peternakan Ayam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel