>

Manajemen Pemeliharaan Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Manajemen Pemeliharaan Usaha Ternak Ayam Kampung Super
Manajemen Pemeliharaan Usaha Ternak Ayam Kampung Super - Ayam kampung super merupakan salah satu jenis ayam hasil persilangan ayam kampung pejantan dengan ayam petelur yang bertujuan untuk peningkatan produksi daging. Ayam kampung super mempunyai pertumbuhan lebih cepat dari pada ayam kampung lokal. 
Manajemen Pemeliharaan Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Ayam kampung super belakangan ini mengalami permintaan yang cukup tinggi karena ayam kampung super mempunyai cita ras yang gurih dibandingkan dengan ayam lokal, dari segi harga juga ayam super memiliki harga yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis ayam pedaging serta mempunyai pertumbuhan yang cukup cepat.

Atas dasar itulah usaha ternak ayam kampung super memiliki prospek yang baik untuk kalian kembangkan, namun dalam melakukan usaha ternak ayam kampung super, kalian juga harus memperhatikan dalam manajemen pemeliharaannya.

Dalam manajemen sistem pemeliharaan usaha ternak ayam kampung super dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu sistem pemeliharaan secara tradisional (Ekstensif), sistem pemeliharaan semi intensif dan sistem pemeliharaan intensif. 

Sistem Pemeliharaan Secara Tradisional (Ekstensif)

Untuk sistem pemeliharaan ekstensif bisanya ayam kampung super dipelihara di suatu padang umbaran yang luas, sebagai tempat untuk melakukan segala aktifitasnya dan tidak ada campur tangan manusia dalam sistem pemeliharaan secara ekstensif. 

Untuk kebutuhan pakan dalam pemeliharaan sistem ekstensif hampir seluruhnya diperoleh dari padang umbaran, berupa tanaman hijauan dan serangga.

Sistem Pemeliharaan Semi Intensif

Sistem pemeliharaan semi intensif yaitu kebutuhan ayam kampung super terhadap pakan sebagian disediakan oleh pemelihara. 

Usaha peternakan ayam kampung super yang hingga saat ini ditemukan di daerah-daerah pedesaan umumnya dilakukan masyarakat dengan pemeliharaan semi intensif. 

Pada pagi hari ayam diberi pakan sekadarnya, lalu dilepas untuk mencari pakan sendiri pada siang hari. Meskipun dilepas diluar kandang, ayam ini masih dibatasi ruang geraknya oleh pagar di sekitar kandang. Sistem ini telah memungkinkan ayam terlindung dari serangan pemangsa dan sedangkan pada sore hari ayam akan masuk ke kandang.

Sistem Pemeliharaan Intensif

Sistem pemeliharaan secara intensif yaitu semua kebutuhan ayam kampung super disediakan oleh peternak. Ayam tidak lagi dibiarkan mencari pakan di lingkungan sekitar, karena kebutuhan hidup ayam disediakan di dalam kandang. 

Pemeliharaan secara intensif lebih baik dibandingkan dengan pemeliharaan secara ekstensif maupun semi intensif. 

Hal ini agar peternak lebih fokus terhadap usaha ternak yang dijalankannya. Sehingga hasil yang dihasilkan akan lebih baik dari pada pemeliharaan yang ekstensif dan semi intensif. 

Pemeliharaan secara intensif lebih menguntungkan dibandingkan dengan secara ekstensif, yang mencerminkan pemeliharaan ayam kampung dapat dikembangkan sebagai usaha ekonomi. Beberapa langkah dalam usaha beternak ayam kampung super secara intensif, antara lain:
  • Bibit mempunyai kontribusi dalam keberhasilan suatu usaha peternakan. Bibit ayam kampung super dapat diperoleh dengan cara membeli bibit ayam kampung super langsung dari penetasan.
  • Pakan mempunyai kontribusi dalam keberhasilan suatu usaha. Pakan untuk ayam kampung sebenarnya sangat fleksibel dan tidak serumit ayam broiler.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Manajemen Pemeliharaan Usaha Ternak Ayam Kampung Super"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel