>

Kandang Ayam Kampung Super yang Baik dan Benar

Kandang Ayam Kampung Super yang Baik dan Benar
Kandang Ayam Kampung Super yang Baik dan Benar - Kandang merupakan salah satu tempat yang sangat penting bagi kalian ingin melakukan ternak ayam kampung super. Kandang dibuat untuk menghindari berbagai bahaya dari lingkungan sekitar dan ancaman dari serangan pengganggu.
Kandang Ayam Kampung Super yang Baik dan Benar

Kandang yang baik dan benar apabila Kondisi kandang yang nyaman dan bersih akan mencegah berbagai penyakit dan stres pada ayam kampung super, sehingga dapat menghasilkan dengan baik. Untuk kandang ayam kampung super, dibutuhkan ketelitian khusus dalam pembuatannya karena cukup berbeda dengan kandang ayam jenis lainnya.

Nah, syarat kandang yang baik dalam melakukan usaha ayam kampung super yaitu jarak kandang dengan pemukiman warga minimal 20 meter, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. 

Dalam pemilihan lokasi tersebut, sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan peralatan di dalam kandang.

Usahakan peralatan tetap steril yaitu dengan menggunakan desinfektan agar tidak membahayakan bagi ayam kampung super, banyak pilihan jenis desinfektan yang ditawarkan oleh berbagai produsen pembuatan obat. 

Dalam luas lahan kandang, dalam ukuran kandang itu sendiri tidak ada ukuran standar kandang yang ideal namun yang harus yang diperhatikan adalah daya tampung atau kapasitas kandang untuk populasi ayam kampung super. 

Ada beberapa peralatan kandang yang wajib kalian punya jika melakukan usaha ternak ayam kampung super yaitu :
  • Tempat pakan dan air minum diusahakan terbuat dari bahan yang tidak berkarat, seperti papan, belahan bambu, plastik atau belahan paralon.
  • Tirai atau layer berfungsi sebagai penahan dingin dari tiupan angina. Bahan tirai dapat berupa karung bekas atau plastik yang mudah ditutup dan dibuka.
  • Instalasi pemanas yang digunakan dalam peternakan ayam kampung super yaitu listrik, gas, batu bara.
  • Litter (alas lantai) biasanya bahan yang digunakan untuk alas pada lantai yaitu karung dan plastik.

Untuk memelihara ayam kampung super, manajemen pemeliharaan memegang peranan tertinggi dalam keberhasilan usaha ayam kampung super. Bibit berkualitas serta pakan yang berkualitas belum tentu memberikan jaminan keberhasilan suatu usaha apabila manajemen pemeliharaan yang diterapkan tidak tepat. 

Untuk itu kalian juga harus memperhatikan dalam manajemen sistem pemeliharaan pada ayam kampung super dan bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu:
  • Ekstensif /tradisional (diumbar), tanpa ada kontrol pakan dan kesehatan.
  • Semi intensif (disediakan kandang dengan halaman berpagar), ada kontrol pakan dan kesehatan ternak akan tetapi tidak terlalu ketat.
  • Intensif (dikandangkan seperti ayam ras), ada kontrol pakan dan kesehatan dengan ketat.

Dari ketiga sistem pemeliharaan diatas, model pemeliharaan ayam kampung super secara intensif lebih disarankan dari yang lainnya terutama dalam hal kontrol penyakit agar menghasilkan kualitas ayam kampung super yang berkualitas.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kandang Ayam Kampung Super yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel