>

Cara Pemeliharaan Tanaman Hias Anthurium Hookeri yang Baik dan Benar

Cara Pemeliharaan Tanaman Hias Anthurium Hookeri yang Baik dan Benar
Cara Pemeliharaan Tanaman Hias Anthurium Hookeri - Untuk mendapatkan tanaman yang prima maka kita harus memelihara dan merawatnya sebaik mungkin. Tiga kunci agar tanaman tumbuh subur dan baik adalah mengetahui sifat tanaman yang ditanam, mempergunakan media tanam yang sesuai dan merawatnya. 
Anthurium Hookeri

Perawatan tanaman Anthurium hookeri tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan perawatan yang baik dan benar, maka Anthurium hookeri akan tumbuh sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan informasi tentang cara pemeliharaan tanaman hias Anthurium hookeri yang baik dan benar.

Penyiraman

Penyiraman merupakan perawatan rutin yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan habitat asli Anthurium hookeri yang lembab di bawah pepohonan hutan. Kebutuhan air pada tanaman hias terutama Anthurium hookeri tergantung pada cuaca. 

Untuk penyiraman dilakukan pada pagi hari sebelum pukul atau sore hari, Hal ini bertujuan menghindari penguapan yang terlalu tinggi, sehingga air yang diberikan tidak sia-sia. Penyiraman dilakukan dengan menggunakan alat bantu selang. 

Penggunaan selang dimaksudkan agar air yang disiramkan tidak besar tekanannya saat mengenai media, sehingga media tidak keluar dari pot dan kebersihan tetap terjaga. Penyiraman dilakukan dari arah atas tanaman, sehingga air mengenai seluruh tanaman terutama daun-daunnya agar terlihat segar dan kotoran yang melekat terbilas.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan jika terdapat gulma yang tumbuh disekitar tanaman, yaitu dengan pengendalian secara manual. Gulma sering muncul pada pot tanaman dan ini dapat merugikan tanaman Anthurium hookeri karena terjadi persaingan antara tanaman dengan gulma yang tumbuh dalam mendapatkan unsur hara, air dan cahaya matahari. Untuk mengatasi gulma cukup dicabut sampai akarnya sebelum gulma tersebut besar dan  langsung dibuang.
 

Pemupukan

Pemupukan merupakan suatu usaha untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan tanaman sehingga kebutuhan tanaman tersebut terpenuhi. Pemupukan dilakukan untuk mencukupi atau menambah zat-zat makanan yang berguna bagi tanaman dari dalam tanah atau agar zat-zat makanan untuk tanaman itu bertambah. 

Pertumbuhan tanaman tidak akan optimal bila hanya mengandalkan unsur hara pada media. Terutama pada tanaman anthurium yang menggunakan media non tanah, pemberian pupuk mutlak diperlukan agar tanaman tidak kekurangan unsur hara dan nutrisi.

Anthurium hookeri adalah tanaman yang tergolong tidak banyak membutuhkan pupuk. Pemberian pupuk yang berlebihan justru akan merusak daun. Pemupukan dilakukan 2-3 kali  seminggu dengan dosis rendah. 

Dosis untuk pupuk cair yaitu 1 ml pupuk untuk 1 liter air dan untuk pupuk padat 1 gram untuk 1 liter air. Pemupukan dilakukan pada pagi hari sebelum matahari muncul menyinari tanaman tersebut karena kutikulanya masih terbuka dan jika matahari sudah terbuka maka akan menumbuhkan flek pada daun.

Penempatan

Anthurium hookeri dapat ditempatkan pada tempat semi teduh. Tepatnya lokasi yang memiliki intensitas cahaya 30-40%. Tanaman yang terlalu lama di dalam ruangan (lokasi gelap) dapat mengakibatkan daunnya kering, kurus, dan pucat. Hal lain yang mengganggu pertumbuhan adalah jika Anthurium hookeri diletakkan terlalu lama di terik matahari langsung karena dapat menyebabkan daun terkulai, layu dan hangus. 

Perawatan Daun

Daun adalah bagian paling pokok dari anthurium. Jika daun anthurium kotor penuh debu atau sobek, kadar keistimewaannya akan merosot. Daun yang terlihat kusam dilap rutin menggunakan lap halus yang dicelupkan ke air. Kotoran yang menempel pada daun secara langsung akan menutupi lapisan lilin pada daun sehingga kurang enak dipandang mata. 

Repotting

Repotting adalah pemindahan tanaman ke pot yang lebih besar. Tujuannya, agar pertumbuhan tanaman subur dan kokoh. Repotting dilakukan karena ukuran pot sudah tidak seimbang dengan sosok tanaman, juga untuk mengganti media tumbuh.

Itulah informasi tentang cara pemeliharaan tanaman hias Anthurium Hookeri yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Pemeliharaan Tanaman Hias Anthurium Hookeri yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel