>

Cara Merawat Tanaman Anggur Agar Cepat Berbuah

Cara Merawat Tanaman Anggur Agar Cepat Berbuah
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Merawat Tanaman Anggur Agar Cepat Berbuah, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Cara Merawat Tanaman Anggur Agar Cepat Berbuah - Dalam merawat tanaman aggur, kalian harus memperhatikan tanaman yang meliputi penyulaman, penjarangan tanaman, penyiangan, pemupukan, perempalan, pengaturan bunga serta pengendalian hama, dan penyakit.
Cara Merawat Tanaman Anggur Agar Cepat Berbuah

Untuk penyulaman tanaman anggur kalian hanya melakukan apabila terdapat tanaman yang tidak sehat atau mati sedangkan penjarangan buah merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena buah yang terlalu rapat dapat merusak perkembangan buah dan menurunkan kualitas buah. 

Dalam penjarangan tanaman anggur kalian perlu membuang beberapa hal diantaranya yang bertangkai panjang, tidak sempurna bentuknya, buah yang ada di sebelah dalam, buah yang terbentuk tanpa adanya persarian. 

Untuk melakukan penjarangan itu sendiri terdapat dua tahap yang bisa kalian lakukan yaitu saat umur satu bulan setelah pembungaan dan buah masih pentil dan dilakukan dua minggu setelah penjarangan pertama. 

Kalian juga bisa melakukan pembungkusan buah untuk menjaga kualitas buah, untuk bahan yang umum dipakai bungkus berupa kertas semen dan kertas koran. Kalian juga bisa melakukan penyiangan apabila terdapat tanaman pengganggu sekitar tanaman anggur. 

Dalam melakukan perawatan tanaman anggur kalian juga melakukan perempalan dengan memotong ranting-ranting, dengan meninggalkan dua sampai empat mata tunas dan semua daun dibuang sehingga tanaman jadi gundul.

Tujuan perempalan itu sendiri untuk mendapat pertumbuhan yang baik, dengan cara membuang tunas yang tidak perlu dan membiarkan satu tunas yang baik sebagai batang pokok. Perempalan untuk pembuahan dilakukan setelah anggur berumur satu tahun. 

Sebelum perempalan diperiksa dahulu dengan memotong ujung salah satu cabang, bila meneteskan air perempalan dilaksanakan, tetapi bila tidak harus ditunda. 

Dalam pemupukan tanaman anggur kalian bisa memberikan pemupukan untuk tanaman muda dan dewasa. 

Adapun cara pemberian dengan membuat larikan melingkar sekeliling tanaman berdiameter 10 sd 20 cm dan sedalam 5 cm. 

Kalian juga harus memberikan pupuk kandang diberikan sekali setahun, tahun kedua dosis dinaikkan jadi 10 kaleng. 

Pupuk buatan dinaikkan dosisnya urea 600 g, TSP 300 g, ZK 450 g. Cara pemberian dengan pembuatan larikan sekitar tanaman dengan diameter 1,5 m. 

Pada saat pengairan dan penyiraman yang perlu diperhatikan adalah bahwa tanaman anggur tidak tahan pada air yang tergenang, tanaman anggur butuh pengairan yang harus dilakukan mulai tanam sampai pemangkasan.

Menjelang pemangkasan, 3 sd 4 minggu sebelumnya pemberian air harus dihentikan. Setelah masa pemangkasan, 2 sd 3 hari sebelumnya diberi air kembali sampai ujung ranting mengeluarkan air. 

Pemberian dilakukan sampai buahnya hampir masak, setelah mulai tua pemberian air dihentikan supaya buah tidak pecah dan busuk.

Pengendalian hama dan penyakit berupa penyemprotan insektisida yang bertujuan sebagai pencegahan terhadap hama yang mengganggu pada anggur. 

Penyemprotan harus dihentikan 15 hari sebelum panen. Pengaturan bunga juga harus dilakukan setelah dua minggu pemangkasan pembuahan, cabang tersier yang baru tumbuh akan mengeluarkan sulur-sulur. 

Apabila ada cabang tersier yang tidak mengeluarkan sulur dapat dilakukan pemotongan dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan sulur. Cabang tersier yang baru muncul disisakan satu sulur saja, agar menghasilkan dompol bunga yang besar dan buahnya bisa bermutu tinggi.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Merawat Tanaman Anggur Agar Cepat Berbuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel