Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Budidaya Ikan Cupang Dengan Modal Kecil

Bisnis Budidaya Ikan Cupang - Bisnis akan berjalan lebih mudah bila kalian memiliki ketertarikan yang tinggi pada usaha yang kalian lakukan, begitu pula dengan bisnis dalam budidaya ikan cupang. 

Bisnis Budidaya Ikan Cupang Dengan Modal Kecil

Jika kalian seorang penggemar atau jadi penghobi ikan hias terutama ikan cupang maka kalian dapat meningkatkan hobi ini dengan melakukan bisnis budidaya ikan cupang.

Dalam menjalankan bisnis budidaya ikan cupang tersebut modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, kalian cukup menyediakan areal budidaya dengan ukuran lima meter persegi dirumah kalian dan kalian cukup menyediakan uang untuk membeli indukan ikan cupang dan pakan ikan, kalian juga bisa menyediakan botol atau wadah kecil yang kalian perlukan untuk pembesaran ikan cupang.

Pemasaran ikan cupang juga terbilang sangat terbuka, kalian bisa membuka kios ikan hias yang menjual ikan cupang dirumah saja apalagi sekarang ini anak-anak menyukai jenis ikan hias yang satu ini karena terpikat oleh penampilan dari ikan cupang. 

Tingginya penggemar ikan cupang menjadikan bisa menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan untuk kalian geluti karena ikan cupang memang bisa dibilang sangat menguntungkan. Apalagi untuk melakukan budidaya ikan cupang juga cukup mudah.

Bagi kalian tertarik dalam melakukan bisnis budidaya ikan cupang ini, berikut kami memberikan informasi tentang cara budidaya ikan cupang agar bisnis kalian memiliki prospek bisnis budidaya ikan cupang yang sangat cerah dan pertumbuhannya sangat bagus dari waktu ke waktu.

Wadah Budidaya

Untuk melakukan budidaya ikan cupang pertama kali kalian lakukan yaitu menyiapkan wadah budidaya ikan cupang, pada umumnya wadah pemeliharaannya adalah bak semen atau akuarium yang ukurannya tidak perlu besar yaitu cukup 1 x 2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm, 

Kalian juga bisa menyediakan wadah untuk prosese perkawinan ikan cupang, untuk wadah perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang bisa digunakan antara lain : baskom, akuarium kecil atau ember dapat dipakai untuk memijahkan ikan.

Ciri-ciri khusus Ikan Cupang

Dalam melakukan budidaya ikan cupang kalian juga harus mengetahui ciri-ciri ikan cupang jantan betinanya, untuk ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. 

Untuk ciri-ciri ikan cupang jantan untuk dipijahkan yaitu berumur kurang lebih 4 bulan, bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah, gerakannya agresif dan lincah serta kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Sedangkan ikan cupang betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan. Untuk ciri-ciri ikan cupang betina yaitu berumur telah mencapai kurang lebih 4 bulan, kemudian bentuk badan membulat menandakan siap kawin, Gerakannya lambat, sirip pendek dan warnanya tidak menarik serta kondisi badan sehat.

Pemijahan dan Perawatan Ikan Cupang 

Setelah indukan ikan cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemijahan, untuk melakukan pemijahan kalian bisa persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih. 

Kemudian isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian kurang  15 - 30 cm, setelah air dalam wadah diisi lalu kalian masukkan indukan ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari dan tutup wadah dengan penutup wadah apa saja. 

Setelah itu, sehari kemudian dan dilakukan pada sore hari indukan betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan, biasanya pada pagi harinya ikan cupang sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh indukan jantan dan selanjutnya iIndukan betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.

Pembesaran Anakan 

Ketika burayak ikan cupang hias sudah dapat berenang dan sudah habis kuning telurnya, kalian sudah bisa menyediakan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran lalu pindahkan anakan bersama indukan jantannya. 

Untuk pemberian pakan benih ikan bisa diberi makanan kutu air dan wadah ditutup, selanjutnya sepuluh hari kemudian anakan ikan dipindahkan ke tempat lain dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh. 

Pasca Panen  

Pada proses panen ikan cupang biasanya mencapai umur satu bulan sudah dapat dilakukan pemanenan sekaligus dapat diseleksi atau dipilih. 

Ikan yang berkualitas baik dan ikan cupang hasil seleksi dipisahkan dengan ditempatkan ke dalam botol-botol tersendiri agar dapat berkembang dengan baik serta menghindari perkelahian. 

Setelah usia 1,5 sampai 2 bulan ikan cupang hias mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan. Pemasaran Ikan Cupang biasanya berasal dari pecinta ikan cupang, pedagang dan eksportir ikan cupang. Untuk yang terakhir ikan cupang harus memiliki kualitas yang bagus. 

Untuk kalian yang baru memulai bisnis ikan cupang bisa menawarkan ikan pijahan ke toko-toko ikan hias atau pedagang ikan hias. Model penjualan lain bisa memanfatkan website atau toko online sebagai media penjualan online ikan cupang.

Post a Comment for "Bisnis Budidaya Ikan Cupang Dengan Modal Kecil"