>

Penyakit Jamur Upas Tanaman Kakao dan Pengendaliannya

Penyakit Jamur Upas Tanaman Kakao dan Pengendaliannya
Penyakit Jamur Upas Tanaman Kakao dan Pengendaliannya - Penyakit jamur upas disebabkan oleh jamur Corticium salmonocolor Berk. et Br. Jamur ini juga sering disebut Upasia salmonicolor (Berk. et Br) Tjok. 
Penyakit Jamur Upas Tanaman Kakao dan Pengendaliannya

Jamur membentuk lapisan himenium berbentuk kerak merah jambu yang mengandung banyak basidium dan selsel steril yang disebut pafisis. 

Pada musim kemarau jamur tidak berkembang, tetapi bertahan hidup secara laten, untuk berkembang kembali dalam musim hujan. Dengan demikian sumber infeksi dalam kebun selalu ada.

Semua tanaman perkebunan yang termasuk tanaman keras dapat diserang oleh jamur upas, sehingga menimbulkan kerusakan pada bagian tanaman tersebut. 

Kerugian yang berarti karena kerusakan yang parah dapat mengakibatkan matinya ranting dan bahkan dapat mematikan tanaman.

Adapun cara pengendalian penyakit jamur upas pada tanaman kakao adalah 
  • Dalam musim hujan dijaga agar kelembaban kebun tidak terlalu tinggi yaitu dengan jalan melakukan pangkasan cabang kakao setepat-tepatnya dan pengaturan naungan, 
  • Dilakukan pemotongan cabang yang terserang jamur pada bagian yang sehat ditambah 20 cm di bawahnya. Cabang sakit yang telah dipotong kemudian dibakar atau dipendam, 
  • Apabila gejala yang dijumpai masih dalam tingkat sarang labah-labah dan cabang yang terserang masih hidup, maka cabang dapat dipertahankan.
  • Sumber infeksi yang ada selain pada tanaman kakao seperti di pohon penaung atau yang lain dan juga tanaman di sekeliling kebun agar dicari untuk dimusnahkan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Penyakit Jamur Upas Tanaman Kakao dan Pengendaliannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel