>

Penyakit Kanker Batang Tanaman Kakao dan Pengendaliannya

Penyakit Kanker Batang Tanaman Kakao dan Pengendaliannya
Kanker Batang Tanaman Kakao dan Pengendaliannya - Penyakit kanker batang penyebabnya sama dengan penyakit buah busuk, yaitu jamur Phytophthora palmivora Butl. (Butl). Penyakit kanker batang dalam penyebarannya berkaitan erat dengan penyakit busuk buah.
Penyakit Kanker Batang Tanaman Kakao dan Pengendaliannya

Apabila buah kakao yang busuk tidak diambil maka busuknya akan menjalar ke tangkai buah. Tangkai buah yang busuk akan menularkan patogen dan menginfeksi batang sehingga terjadi kanker batang. 

Batang yang diserang biasanya pada batang pokok walaupun tidak menutup kemungkinan cabang yang besar juga bisa terinfeksi. Akibat dari kanker batang adalah rusaknya jaringan kayu, batang menjadi busuk dan berlendir. 

Gejala bercak yang tampak dari luar berukuran kecil tetapi apabila dikupas ternyata kerusakan jaringan sudah meluas sampai ke dalam batang lebih luas daripada kenampakan luarnya. Kerusakan pada cabang menyebabkan cabang membusuk dan seluruh cabang tersebut mati. 

Apabila serangan terjadi pada batang pokok maka lama kelamaan akan berakibat matinya tanaman. Kerugian akan semakin parah apabila lingkungan sangat mendukung berkembangnya penyakit yaitu selalu lembab dan basah.

Cara pengendaliannya untuk batang yang masih kecil bercaknya dapat dilakukan dengan mengupas kulit batang/cabang yang membusuk sampai batas yang sehat yaitu jaringan berwarna putih. 

Luka bekas kupasan dioles dengan bahan penutup luka seperti ter, TB 192, atau fungisida tembaga dengan konsentrasi 5-10% formulasi. 

Apabila batang tanaman sudah terserang sampai keliling batang, dan tanaman sudah menunjukkan kelayuan daun maka tanaman tersebut dipotong atau dibongkar.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Penyakit Kanker Batang Tanaman Kakao dan Pengendaliannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel