√ Pembangunan Pertanian - Agribisnis Agrokompleks

Pembangunan Pertanian

Pembangunan Pertanian
Pembangunan Pertanian - Menurut Mardikanto (1993), pembangunan pertanian perlu lebih mengutamakan kegiatan penyuluhan yang bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat (petani) agar selalu siap dan mampu menguasai serta menerapkan setiap alternatif inovasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas usahatani dan pendapatan petani demi perbaikan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
Pembangunan Pertanian

Pembangunan pertanian merupakan perubahan dalam teknik produksi pertanian dan sistem usahatani menuju ke situasi yang diinginkan, biasanya situasi yang memungkinkan petani dapat memanfaatkan hasil-hasil penelitian pertanian dan berkurangnya pertanian pokok dan lebih berorientasi pasar (Van den Ban dan Hawkins, 1999).

Pembangunan pertanian merupakan bagian integral dari pembangunan ekonomi dan pembangunan masyarakat secara umum. Pembangunan pertanian merupakan produk masyarakat dan memberikan sumbangan kepadanya serta menjamin bahwa pembangunan menyeluruh itu (overall development) akan benar-benar bersifat umum, dan mencakup penduduk yang hidup dari bertani, yang jumlahnya besar dan untuk tahun-tahun mendatang ini di berbagai negara akan terus hidup dari bertani. 

Supaya pembangunan pertanian itu terlaksana, pengetahuan dan ketrampilan petani haruslah terus ditingkatkan dan berubah, karena petani terus menerus menerima metoda baru, cara berpikir mereka pun berubah. Mereka mengembangkan sikap baru yang berbeda terhadap pertanian, terhadap alam sekitar, dan terhadap diri mereka sendiri (Mosher, 1991).

Agribisnis adalah semua aktivitas, mulai dari pengadaan dan penyaluran sarana produksi sampai dengan pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh usaha tani dan nelayan serta agroindustri, yang saling terkait satu sama lainnya (Hafsah, 2003).

Sumber :

  1. Mardikanto. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press Surakarta.
  2. Ban, AW Van Den. dan HS. Hawkins. 1999. Penyuluhan Pertanian. Kanisius. Yogyakarta.
  3. Mosher. 1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. C.V. Yasaguna. Jakarta.
  4. Hafsah, Jafar. 2003. Kemirataan usaha konsepsi dan strategi. PT Pustaka sinar harapan. Jakarta.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pembangunan Pertanian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel