>

Syarat Tumbuh Dalam Budidaya Alpukat

Syarat Tumbuh Dalam Budidaya Alpukat
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Syarat Tumbuh Dalam Budidaya Alpukat, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Syarat Tumbuh Dalam Budidaya Alpukat - Untuk melakukan budidaya tanaman alpukat ada beberapa syarat budidaya alpukat yang harus dipenuhi agar tanaman alpukat dapat tumbuh dengan baik. 
Syarat tumbuh Dalam Budidaya Tanaman Alpukat

Untuk syarat budidaya alpukat membutuhkan angin dalam proses penyerbukannya dengan kecepatan angin kira-kira 62,4-73,6 km/jam dapat mematahkan ranting dan percabangan tanaman alpukat yang tergolong lunak, rapuh dan mudah patah.

Selain membutuhkan angin untuk melakukan budidaya tanaman alpukat juga membutuhkan curah hujan sekitar 750-1000 mm/tahun, namun tanaman alpukat pada Ras Hindia Barat dan persilangannya dapat tumbuh subur pada dataran rendah beriklim tropis dengan curah hujan 2500 mm/tahun.

Sinar matahari yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman alpukat antara 40-80 %, untuk suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman alpukat berkisar antara 12,8-28,8 derajat C, namun dapat juga mentolerir suhu udara antara 15-30 derajat C atau lebih pada tanaman alpukat. 

Untuk pengolahan tanah tanaman alpukat bisa tumbuh dengan optimal jika tanah yang gembur, tidak mudah tergenang air, subur dan banyak mengandung bahan organik dan jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan berupa tanah lempung berpasir, lempung liat dan lempung endapan. 

Untuk menjaga kesegaran, atau kandungan air didalam tanaman agar tidak layu penanaman dapat dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Waktu tanam yang paling ideal ketika ketersediaan air terjaga, yaitu pada awal musim hujan.

Perawatan tanaman alpukat yang biasa dilakukan diantaranya yaitu penyulaman, pemberatasan gulma atau disebut juga dengan istilah penyiangan, pendangiran, dan pengantian varietas (Top Worling) yang bertujuan untuk peremajaan kembali tanaman yang sudah tua atau tidak produktif lagi. 

Sedangkan pengairan rutin dibutuhkan terutama saat tanaman masih muda, karena sistem perakarannya belum cukup mampu menyrap air yang lebih dalam.

Untuk tingkat keasaaman tanah tanaman alpukat dengan pH sedikit asam sampai netral (5,6-6,4). Jika pH tanah untuk melakukan budidaya tanaman alpukat dibawah 5,5, tanaman akan keracunan dengan unsur Al, Mg dan Fe larut dalam jumlah yang cukup banyak, namun jika sebaliknya pH tanah di atas 6,5 akanmengandung unsur Fe, Mg dan Zn akan berkurang.

Pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk organik (pupuk kandang atau kompos) dan pupuk non-organik seperti NPK, Urea, TSP, KCl, ZA dan lain-lain. Jika tanah tidak cukup subur, untuk pemupukan selain pupuk organik juga dapat ditambahkan pupuk non-organik.

Untuk syarat tumbuh lainnya pada tanaman alpukat, dataran rendah sampai dataran tinggi yang baik untuk tanaman berkisar 5-1.500 m dpl, jika ketinggian mencapai  200-1.000 m dpl  tanaman alpukat dapat tumbuh dengan subur dan hasilnya sangat memuaskan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Syarat Tumbuh Dalam Budidaya Alpukat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel