√ Syarat tumbuh Dalam Budidaya Tanaman Alpukat - Agribisnis Agrokompleks

Syarat tumbuh Dalam Budidaya Tanaman Alpukat

Syarat tumbuh Dalam Budidaya Tanaman Alpukat
Syarat tumbuh Dalam Budidaya Tanaman Alpukat - Untuk melakukan budidaya tanaman alpukat ada beberapa syarat tumbuh yang harus dipenuhi agar tanaman alpukat dapat tumbuh dengan baik, untuk syarat tumbuhnya tanaman alpukat membutuhkan angin dalam proses penyerbukannya dengan kecepatan angin kira-kira 62,4-73,6 km/jam dapat mematahkan ranting dan percabangan tanaman alpukat yang tergolong lunak, rapuh dan mudah patah.
Syarat tumbuh Dalam Budidaya Tanaman Alpukat

Selain membutuhkan angin untuk melakukan budidaya tanaman alpukat juga membutuhkan curah hujan sekitar 750-1000 mm/tahun, namun tanaman alpukat pada Ras Hindia Barat dan persilangannya dapat tumbuh subur pada dataran rendah beriklim tropis dengan curah hujan 2500 mm/tahun.

Sinar matahari yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman alpukat antara 40-80 %, untuk suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman alpukat berkisar antara 12,8-28,8 derajat C, namun dapat juga mentolerir suhu udara antara 15-30 derajat C atau lebih pada tanaman alpukat. 

Untuk pengolahan tanah tanaman alpukat bisa tumbuh dengan optimal jika tanah yang gembur, tidak mudah tergenang air, subur dan banyak mengandung bahan organik dan jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan berupa tanah lempung berpasir, lempung liat dan lempung endapan. 

Untuk tingkat keasaaman tanah tanaman alpukat dengan pH sedikit asam sampai netral (5,6-6,4). Jika pH tanah untuk melakukan budidaya tanaman alpukat dibawah 5,5, tanaman akan keracunan dengan unsur Al, Mg dan Fe larut dalam jumlah yang cukup banyak, namun jika sebaliknya pH tanah di atas 6,5 akanmengandung unsur Fe, Mg dan Zn akan berkurang.

Untuk syarat tumbuh lainnya pada tanaman alpukat, dataran rendah sampai dataran tinggi yang baik untuk tanaman berkisar 5-1.500 m dpl, jika ketinggian mencapai  200-1.000 m dpl  tanaman alpukat dapat tumbuh dengan subur dan hasilnya sangat memuaskan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Syarat tumbuh Dalam Budidaya Tanaman Alpukat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel