√ Cara Penyambungan Pucuk (Enten) Pada Tanaman Alpukat - Agribisnis Agrokompleks

Cara Penyambungan Pucuk (Enten) Pada Tanaman Alpukat

Cara Penyambungan Pucuk (Enten) Pada Tanaman Alpukat
Sambung Pucuk Tanaman Alpukat - Dalam melakukan budidaya tanaman alpukat, ada beberapa cara yang dilakukan agar tanaman alpukat cepat berbuah, karena bila menanam dari biji akan memerlukan waktu yang cukup lama, untuk itu cara penyambungan tanaman alpukat sangat efektif agar tanaman alpukat cepat berbuah.
Sambung Pucuk Tanaman Alpukat

Untuk melakukan penyambungan pucuk pada tanaman alpukat ada baiknya jika tanaman alpukat yang sudah berumur 6-7 bulan atau dapat yang berumur 1 tahun, tanaman berasal dari biji yang berasal dari buah yang telah tua dan masak, tinggi 30 cm kemudian yang penting jaringan pada pangkal batang belum berkayu. 

Sebagai cabang sambungan digunakan ujung dahan yang masih muda dan berdiameter lebih kurang 0,7 cm, kemudian potong dahan tersebut dengan miring sesuai dengan celah yang ada pada pohon pokok sepanjang kurang lebih 10 cm, kemudian disisipkan ke dalam belahan di samping pohon pokok yang dibalut. 

Bahan yang baik untuk mengikat adalah pita karet, plastik, rafia/kain berlilin dan alangkah baiknya jika penyambungan pada pohon pokok dilakukan serendah mungkin supaya tidak dapat kuncup pada tanaman pokok. 

Enten atau penyambungan pucuk yang telah disambung diletakkan di tempat teduh, tidak berangin, dan lembab, kemudian lakukan penyiraman setiap hari agar hasilnya maksimal serta untuk mencegah serangan penyakit sebaiknya tanaman disemprot fungisida.

Setelah bibit yang sudah dilakukan penyambungan pucuk berusia 9-16 bulan, bibit tersebut sudah bisa dipindahkan ke lahan yang lebih luas dan baiknya jika pemindahannya dilakukan pada saat permulaan musim hujan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Penyambungan Pucuk (Enten) Pada Tanaman Alpukat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel