√ Prospek Usaha Dalam Budidaya Ikan Lele - Agribisnis Agrokompleks

Prospek Usaha Dalam Budidaya Ikan Lele

Prospek Usaha Dalam Budidaya Ikan Lele
Prospek Usaha Budidaya Ikan Lele - Bertahun yang lalu masih banyak orang yang enggan budidaya lele. Selain karena masih sedikit orang yang mengkonsumsinya, nilai ekonomisnya juga masih kalah tinggi dibandingkan dengan nilai ikan bandeng, gurami, atau karper (ikan mas). 
Prospek Usaha Dalam Budidaya Ikan Lele

Namun saat ini keadaan telah berubah, sekarang lele sudah populer dan menjadi makanan kegemaran banyak orang. Permintaan kebutuhan lele pun semakin meningkat, sehingga para pembudidayanya bisa memetik keuntungan yang sangat besar dari usaha yang dilakukan. 

Permintaan terbesar kebutuhan lele biasanya datang dari pemilik rumah makan yang menyediakan menu olahan lele. Ukuran lele yang diminta adalah ukuran siap konsumsi (7-10 ekor / kg). Namun, selain dijual dalam ukuran siap konsumsi, lele juga bisa dijual dalam bentuk benih. 

Permintaan benih biasanya datang dari para petani atau mereka yang ingin membuka usaha pembesaran lele. Keadaan inilah yang membuat prospek usaha budidaya lele sangat menjanjikan, baik usaha pembenihan maupun pembesarannya. Seorang peternak lele di Bogor mengaku bisa menjual benih ukuran 10-12 cm sebanyak 10.000 ekor/minggu. 

Benih-benih lele tersebut dipesan oleh peternak lele diluar kota dan di luar provinsi. Selain permintaan di dalam negeri yang cukup besar, ternyata lele juga menyimpan potensi besar yang cukup besar di luar negeri, hal ini dibuktikan dengan di ekspornya komoditas ini ke beberapa negara. 

Bahkan permintaan lele ini belum sepenuhnya bisa dipenuhi oleh peternak lele di indonesia. Di masa yang akan datang, diperkirakan permintaan lele di pasaran dunia akan meningkat tajam. Hal itu terjadi karena adanya kecendrungan masyarakat untuk beralih dari konsumsi daging ke ikan. Karena itu, masih sangat terbuka peluang pembudidayaan lele dumbo dalam rangka mengisi pasar internasional ini.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Prospek Usaha Dalam Budidaya Ikan Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel