√ Cara Pembibitan Tanaman Mangga - Agribisnis Agrokompleks

Cara Pembibitan Tanaman Mangga

Cara Pembibitan Tanaman Mangga
Pembibitan Tanaman Mangga - Budidaya mangga merupakan salah satu tanaman yang memiliki potensi pasar yang menjanjikan karena mangga sekarang ini menjadi salah satu bahan olahan minuman yang disukai oleh masyarakat seperti salah satunya dibuat untuk jus buah mangga.
Pembibitan Tanaman Mangga


Namun dalam budidaya mangga kalian harus memperhatikan juga cara pembibitannya karena salah satu faktor keberhasilan dalam melakukan budidaya adalah dengan memulia dari bibitnya. Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang cara pembibitan tanaman mangga.

Perbanyakan dengan Biji

Untuk perbanyakan dengan biji mangga pertama kali kalian memilih tanaman dari tanaman yang sehat, kuat dan buahnya berkualitas kemudian biji dikeringkan dan dianginkan serta kulitnya dibuang. 

Setelah kalian memilih tanaman yang sehat, kuat dan buahnya berkualitas kemudian kalian siapkan kotak persemaian kira-kira ukuran sekitar 100x50x20 cm3 dengan media tanah campuran pupuk kandang sekitar 1:1, selanjutnya biji ditanam dengan jarak 10-20 cm. 

Kalian juga bisa melakukan penyemaian dari kebun jika mempunyai kebun, untuk penyemaiannya kalian bisa melakukan penyemaian dengan jarak tanam 30x40 atau 40x40 cm di atas tanah yang gembur.  Kemudian persemaian kalian beri naungan dari plastik atau sisa-sisa tanaman, tetapi jangan sampai udara di dalam persemaian menjadi terlalu lembab. 

Setelah itu untuk penanaman kalian bisa melakukan penanaman biji ditanam dengan perut ke arah bawah supaya akar tidak bengkok. Selama penyemaian, bibit tidak boleh kekurangan air. Pada umur 2 minggu bibit akan berkecambah. Jika dari 1 biji terdapat lebih dari 1 anakan, sisakan hanya satu yang benar-benar kuat dan baik. 

Setelah tinggi tanaman sudah mencapai umur 6 bulan kalian bisa memindahkan bibit tanaman ke kebun atau halaman rumah, kalian bisa melakukan penyeleksian dan pilihlah tanaman yang kuat dan pertumbuhan yang normal dan yang lemah dan tumbuh abnormal kalian buang.
 

Okulasi

Perbanyakan dengan okulasi pada umumnya yang terbaik dalam melakukan pembibitan tanaman mangga, okulasi yang dimaksud yaitu penempelan tunas dari batang atas yang buahnya berkualitas ke batang bawah yang struktur akar dan tanamannya kuat. 

Kalian bisa melakukan okulasi batang bawah ketika sudah berumur 9-12 bulan. Setelah okulasi atau tempelan sudah tersambung kalian bisa pindahkan tanaman mangga tersebut ke lahan kebun atau halaman rumah, untuk okulasi kalian bisa melakukan pada musim kemarau agar bagian yang ditempel tidak busuk.

Pencangkokan

Untuk pembibitan dengan pencangkokan kalian bisa melakukan tanaman mangga yang berumur satu tahun, untuk batang yang dicangkokan kira-kira berdiameter sekita 2,5 cm dan panjang sayatan cangkok adalah 5 cm. Kemudian setelah sayatan sudah dilakukan kemdian kalian beri tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan bungkus dengan plastik atau sabut kelapa.
 
Itulah informasi tentang cara pembibitan tanaman mangga yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Pembibitan Tanaman Mangga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel