√ Pengolahan Bungkil Kacang Tanah Menjadi Pakan Ternak - Agribisnis Agrokompleks

Pengolahan Bungkil Kacang Tanah Menjadi Pakan Ternak

Pengolahan Bungkil Kacang Tanah Menjadi Pakan Ternak
Pengolahan Bungkil Kacang Tanah Jadi Pakan Ternak - Bungkil kacang tanah merupakan limbah dari pengolahan minyak kacang tanah. Bungkil kacang tanah disukai ternak dan merupakan suplemen protein tumbuhan yang berkualitas baik. Akan tetapi dalam bungkil kacang tanah ini memiliki kandungan anti nutrisi yang bisa menyebabkan kelenjar thyroid membesar pada ternak dan juga mempunyai sifat pencahar, namun pengaruhnya lebih rendah dibandingkan dengan kacang tanah.
Pengolahan Bungkil Kacang Tanah Menjadi Pakan Ternak


Secara kualitatif kualitas bungkil kacang tanah dapat diuji dengan uji bulk density ataupun uji apung. Bulk density bungkil kacang tanah adalah 465.6 g/l. Selain itu juga uji organoleptik seperti tekstur, rasa, warna dan bau dapat dipakai untuk mengetahui kualitas bungkil kacang tanah yang baik. Uji sekam dengan flouroglucinol dapat juga dilakukan.

Untuk protein dalam bungkil tanah terdapat 46.62% dan mempunyai serat kasar sebesar 5.5%. Bila serat kasar lebih tinggi maka telah terjadi pemalsuan sekam dan karena itu produk tersebut tidak dapat disebut bungkil kacang tanah tetapi bungkil kacang tanah dan sekam.

Bungkil kacang tanah mempunyai protein tercerna (DP) 42.4% dan TDN 84.5%. Nilai ini lebih tinggi dari bungkil kedelai. Bungkil kacang tanah dan sekam mengandung protein kasar (PK) 41%, protein tercerna 36.6% dan total nutrien tercerna (TDN) 73.3% lebih tinggi dari PK, DP dan TDN bungkil biji kapas.

Untuk kualitas protein pada bungkil kacang tanah hampir sama dengan bungkil kedelai, namun ada perbedaan dalam bungkil kacang tanah yaitu pada bungkil kacang tanah biasanya mengandung lisin yang lebih rendah daripada bungkil kedelai. Bungkil kacang tanah mengandung kalsium (Ca) yang rendah dan kandungan phospornya (P) adalah setengah dari kandungan bungkil biji kapas.

Selain itu bungkil kacang tanah kurang karotin, vitamin D, thiamin, riboflavin,tetapi kaya akan niacin dan asam pantotenat. Direkomendasikan untuk memberikan bungkil kacang tanah ke ternak sebanyak kurang lebih 25% dari total konsentrat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pengolahan Bungkil Kacang Tanah Menjadi Pakan Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel