√ Pemberian Pakan Pada Budidaya Ayam Kampung - Agribisnis Agrokompleks

Pemberian Pakan Pada Budidaya Ayam Kampung

Pemberian Pakan Pada Budidaya Ayam Kampung
Pakan Ayam Kampung - Pakan pada ayam kampung memang memegang peran penting dalam pertumbuhan ayam kampung, karena dalam budidaya ayam kampung kalian harus memperhatikan pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi pada pakan yang diberikan untuk ayam kampung. Meski demikian untuk pakan ayam kampung tidaklah serumit dan sesulit pada ayam jenis lainnya seperti ayam broiler dan ayam petelur.
Pemberian Pakan Pada Budidaya Ayam Kampung

Bahan pakan yang bisa diberikan untuk budidaya ayam kampung berupa konsentrat, dedak dan jagung, selain itu untuk jenis alternatif pakan yang bisa diberikan berupa sisa dapur atau warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Pakan alternatif tersebut bisa menghemat biaya produksi sehingga keuntungan usaha ayam kampung bisa meningkat.

Untuk melakukan budidaya ayam kampung dalam pemberian pakan yang terpenting kalian harus menyusun ransum untuk ayam kampung dan harus memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Kalian juga harus bisa menentukan jumlah pakan yang diberikan untuk ayam kampung dan sesuaikan dengan usia ayam kampung itu sendiri. Jika kalian ingin melakukan budidaya ayam kampung kalian bisa meramu pakan buatan sendiri untuk menghemat biaya pengeluaran dalam budidaya ayam kampung.

Nah, dalam pemberian pakan untuk ayam kampung, pakan untuk ayam umur 0-2 bulan kalian bisa menggunakan pakan ayam broiler, setelah umur ayam 2-4 bulan kalian juga bisa memberikan pakan ayam broiler tetapi dicampur dengan dedak dan jagung dengan perbandingan 1:3:1.

Untuk ayam dengan umur di atas 4 bulan, kalian bisa memberikan dengan campuran antara layer dan dedak atau jagung dengan perbandingan 1:2. Kalian juga harus memberikan pakan hijauan sebanyak 20 % dari kebutuhan pakannya, kebutuhan pakan sekitar 7-8 gram per hari bisa diberikan 2-3 kali sehari.

Biasanya di umur lebih dari 6 bulan untuk ayam kampung yang masuk periode bertelur, kalian bisa memberikan pakan berupa campuran dari layer dan dedak dengan perbandingan 1:1 dan kalian tambahkan pakan hijauan sebanyak 25% dari kebutuhan pakannya. Untuk  Kebutuhan pakan pada periode ini  berkisar 85 gram per hari dan bisa diberikan 2-3 kali sehari.

Kalian juga bisa membuat pakan buatan sebagai sumber nutrisi untuk alternatif lain bila kalian tidak mau membeli pakan pabrikan. Nah, untuk bahan yang bisa dijadikan pakan untuk ayam kampung, kalian bisa mencari bahan-bahan untuk pakan ayam kampung berupa talas (umbi dan daunnya), beras paling murah, dedak, tepung tulang atau cangkang keong.

Kalian juga bisa memberikan pakan tambahan yang bisa dicarikan disekitar kalian berupa sisa-sisa makanan rumah tangga atau restoran atau sisa pengolahan pangan seperti ampas tahu. Jika kalian ingin membudiayakan ayam kampung di halaman sekitar rumah, kalian harus menyediakan tumbuhan hijauan disekitar halaman karena tumbuh hijauan juga membantu menyediakan pakan tambahan bagi ayam kampung.

Selain makanan, ayam kampung juga memerlukan kebutuhan minuman. Kalian bisa memberikan minuman pada ayam kampung secara tidak terbatas, tinggal kalian sediakan wadah untuk minuman dan  jika habis kalian bisa menambah lagi.

Itulah informasi tentang cara pemberian pakan pada budidaya ayam kampung, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pemberian Pakan Pada Budidaya Ayam Kampung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel