√ Kebutuhan Gizi yang Baik Untuk Pakan Kuda - Agribisnis Agrokompleks

Kebutuhan Gizi yang Baik Untuk Pakan Kuda

Kebutuhan Gizi yang Baik Untuk Pakan Kuda
Kebutuhan Gizi  Pakan Kuda - Hal yang paling berpengaruh besar terhadap pemberian pakan kuda adalah kandungan gizi yang baik. Sesuai dengan kebutuhannya, kandungan gizi pakan kuda meliputi energi, protein, mineral, vitamin dan air, simak penjelasannya.
Kebutuhan gizi yang baik untuk pakan kuda

Energi

Kebutuhan energi pada kuda dicukupi dari karbohidrat dan lemak, karbohidrat itu sendiri terbagi menjadi gula sederhana seperti glukosa dan gula kompleks seperti pati, glokogen, selulosa, dan serat kasar, sumber karbohidrat berupa biji-bijian. Lemak dalam tubuh hewan diperlukan sebagai sumber energi dan pembawa vitamin A,D,E dan K.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan akan energi untuk pertahanan tubuh, misalnya ciri khas dari kuda, komposisi badan, temperatur sekitar, dan berat badang kuda. Hewan dapat mempengaruhi lemak dari tiga sumber yaitu dari lemak itu sendiri, protein, dan karbohidrat bahan pakan.

Protein

Bahan pakan sumber protein dibutuhkan oleh kuda. Fungsinga berperan dalam pertumbuhan hewan, yaitu berhubungan dengan jumlah protein yang dapat digunakan dan daya cerna dari protein. Protein yang dibutuhkan untuk pertahanan lebih sedikit dibandingkan dengan pertumbuhan. Tubuh memerlukan protein untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel yang rusak serta untuk produksi dan reproduksi.

Protein dalam tubuh diubah menjadi energi bila diperlukan. Pada hewan, protein merupakan bagian terpenting dari jaringan-jaringan tubuh. Akan tetapi , hewan tidak bisa membuat protein dari zat-zat anorganik seperti halnya pada tumbuh-tumbuhan.

Oleh karena itu, hewan perlu mendapatkan protein dari bahan pakan. Bila dalam pakan tidak terdapat cukup protein makan tubuh hewan tidak dapat membuat dan memelihara jaringan tubuh sehingga pertumbuhannya akan terganggu.

Mineral

Mineral meliputi sejumlah fungsi dalam tubuh, termasuk pembentukan komponen struktur, proses enzim kofaktor, dan transfer energi. Beberapa energi adalah bagian pelengkap atau penyempurna dari vitamin, hormon dan asam amino. Kuda memperoleh mineral penting dari lapangan rumput dan pakan yang berasal dari biji-bijian. Kandungan mineral dari bahan pakan yang dapat digunakan tergantung pada kandungan mineral dari tanahnya, jenis tumbuhan, tingkat kematangan, dan keadaan tanaman diwaktu panen.

Vitamin

Vitamin dibutuhkan oleh kuda sama seperti kebutuhan gizi lainnya yang dipengaruhi oleh umur, tujuan pemeliharaan, dan berbagai tekanan seperti infeksi pada gastrointestinal dan latihan keras pada otot. Kebutuhan akan tambahan vitamin tergantung pada beberapa hal, didalam alat pencernaan, serta besarnya penyerapan vitamin dari tempat sintesis.

Kuda yang makan rumput dilapangan rumput berkualitas tinggi hanya buuh sedikit atau tidak membutuhkan tambahan vitamin. Hal tersebut disebabkan oleh rumput hijau kaya akan vitamin larut dalam lemak dan vitamin larut dalam air.

Air

Tubuh hewan terdiri dari 60-70% air. Jumlah tersebut bervariasi pada masing-masing jaringan tubuh. Kuda membutuhkan air minum 40-50 Liter/hari, tergantung dari cuaca, aktivitas kuda, umur dan enis bahan pakannya. Air bukanlah bahan bagian luar atau pembungkus jaringan, tetapi adalah bahan aktif dari bagian tubuh. Dengan demikian, pengambilan air yang cukup dan setiap waktu oleh kuda adalah suatu hal yang penting.

Itulah informasi tentang cara kebutuhan gizi yang baik untuk pakan kuda, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !




Sumber :

Maswarni & Nofiar, R. (2014). Kuda (Manajemen Pemeliharaan dan Pengembangbiakan). Penebar Swadaya. Jakarta.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kebutuhan Gizi yang Baik Untuk Pakan Kuda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel