√ Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda - Agribisnis Agrokompleks

Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda

Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda
Merawat Tubuh Kuda - Perawatan tubuh harus dilakukan ketika kuda dalam kondisi segar dan kering. Sebelum perawatan, lankukan pencongkelan kuku kuda menggunakan congkel kuku. Lakukan dari bagian tumit (heel) ke arah telapak kuku (toe) dan pastikan tidak ada bagian yang rusak atau terinfeksi.
Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda

Perawatan tubuh kuda dapat dibagi menjadi dau tahap, yaitu perawatan tubuh bagian kanan dan perawatan tubuh bagian kiri. Pada perawatan tubuh bagian kanan, perawat harus berdiri pada sisi bagian kanan kuda. Selanjutnya pegang kerok dengan tangan kanan dan sikat pada tangan kiri. Kerok dan gosok tubuh kuda mulai dari bagian leher lalu ke tubuh, bahu, kaki depan hingga ke kuku.

Kemudian kembali ke arah tubuh lalu perut, punggung dan kaki belakang. Begitu seterusnya, kerok lalu sikat secara bergantian. Walaupun cara ini lebih efektif, tetapi ada juga sebagian perawat yang mengerok kuda dulu baru menyikatnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa kerok jangan dipakai pada bagian lutut atau bagian-bagian tulang. Setelah selesai pada bagian kanan, perawatan tubuh dapat dilanjutkan pada bagian kiri. Perawat berdiri di sebelah sisi kiri kuda sambil memegang kerok dengan tangan kiri dan menyikat menggunakan tangan kanan. Perawatan dimulai dari bagian leher dan seterusnya sama seperti perawatan pada bagian kanan.

Perawatan kemudian dilanjutkan ke bagian kepala kuda. Bersihkan kepala kuda dengan menggunakan sikat, terutama pada bagian lipatan leher. Perhatikan juga bagian bawah brongsong yang berhubungan langsung dengan kulit.

Selanjutnya lakukan penyisiran rambut kuda, mulai dari atas (pangkal) hingga ekor. Untuk penyisiran rambut dibagian ekor, pegang ekor dengan satu tangan dan tangan lainnya melakukan penyisiran. Sisir sedikit demi sedikit sampai selesai. Selain itu, ekor juga dibersihkan dengan air panas yang sebelumnya telah dicampur detergen.

Perawatan selanjutnya dilakukan dengan melap bagian mata, hidung, lubang hidung, telinga dan mulut. Melap tubuh kuda merupakan polesan terakhir dalam perawatan tubuh kuda dan memastikan hasil perawatan.

Untuk mengetahui perawatan sudah bersih atau belum dapat dengan melewatkan jari tangan pada bagian kuda. Jika pada jari ada kotoran atau debu, berarti perawatan belum sempurna. Cek juga kebersihan pada bagian mata, hidung, telinga dan mulut karena bgain-bagian tersebut sering terlupakan.

Bila diperlukan dapat melakukan perawatan tambahan pada badan kuda. Perawatan tambahan tersebut meliputi pemijatan serta penyisiran dan penipisan rambut.



Sumber :

Maswarni & Nofiar, R. (2014). Kuda (Manajemen Pemeliharaan dan Pengembangbiakan). Penebar Swadaya. Jakarta.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel