Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia - Sudah merupakan tugas sumber daya manusia mengelola manusia seefektif mungkin agar diperoleh suatu satuan sumber daya manusia yang merasa puas dan memuaskan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian manajemen umum yang memfokuskan dari pada sumber daya manusia. Adapun fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia, seperti halnya fungsi manajemen umum, yaitu :

1. Fungsi Manajerial

  • Perencanaan (planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Pengarahan (Directing)
  • Pengendalian (Controlling)

2. Fungsi Operasional

  • Pengadaan tenaga kerja (SDM)
  • Pengembangan
  • Kompensasi
  • Pengintegrasian
  • Pemeliharaan
  • Pemutusan hubungan kerja

Fungsi-fungai manajemen SDM mungkin akan dijumpai ada beberapa perbedaan dalam berbagai literatur, hal ini sebagai akibat sudut pandang, akan tetapi dasar pemikirannya relatif sama. Aspek lain dari manajemen SDM adalah peranannya dalam pencapaian tujuan organisasi secara terpadu.

Manajemen SDM tidak hanya memperhatikan kepentingan organisasi, tetapi juga memperhatikan kebutuhan karyawan dan pemilik tuntunan masyarakat luas.

Peranan manajemen SDM adalah mempertemukan atau memadukan ketiga kepentingan tersebut yaitu organisasi, karyawan dan masyarakat luas, menuju tercapainya efektivitas, efisiensi, produktivitas dan kinerja organisasi.

Berbagai kegiatan dalam rangka manajemen SDM seperti dikemukakan di atas apabila telah terlaksana secara keseluruhan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi organisasi dan SDM yang ada pada organisasi tersebut.

Pelaksanaan berbagai fungsi manajemen SDM sebenarnya bukan hanya dapat menciptakan SDM yang produktif mendukung tujuan organisasi, akan tetapi menciptakan suatu kondisi yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan potensi dan motivasi SDM dalam berkarya.

Pelaksanaan job analysis, perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, penempatan dan pembinaan karir serta pendidikan pelatihan yang baik akan meningkatkan potensi SDM untuk berkarya karena telah mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dan ditempatkan pada kedudukan yang tepat (the right man on the right place).

Sedangkan pelaksanaan fungsi-fungsi SDM lainnya seperti kompensasi, perlindungan, dan hubungan perburuhan yang baik akan dapat menimbulkan stimulus yang mendorong meningkatnya motivasi kerja SDM.

Sumber :

  1. Tahir Malik (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis kinerja. Kretakupa Print. Makassar

Post a Comment for "Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia"