Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Udang Galah Air Tawar

Budidaya Udang Galah Air Tawar - Jenis udang galah air tawar memang memiliki prospek yang cukup baik karena harga dan permintaan yang cukup tinggi. Terbukti dari permintaan udang galah, baik domestik maupun dari luar negeri meningkat.

Cara Budidaya Udang Galah Air Tawar

Udang galah merupakan salah satu komoditas air tawar yang masa produksinya cukup bagus karena selain harga jual lebih tinggi dari ikan air tawar lainnya juga dapat dipasarkan dengan kebutuhan dalam dan luar negeri.

Budidaya udang galah dapat dilakukan di kolam. Saat ini kegiatan budidaya udang galah sudah meluas setiap aspek daerah. 

Untuk mendukung keberhasilan budidaya udang galah, kebutuhan akan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan skala usaha yang dimiliki oleh petani budidaya.

Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang tahapan cara budidaya udang galah yang baik dan benar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal,

Persiapan Kolam

Pengembangan rancangan harus memenuhi persyaratan budidaya, antara lain, banjir dan polusi kawasan bebas, jenis tanah liat berpasir, membuat kolam di ketinggian 0-700 centimeter di atas permukaan laut. 

Air tersedia sepanjang tahun dan sirkulasi air yang baik memainkan peran penting dalam pelaksanaan pembesaran udang, yang terpenting kolam air harus mengalir karena udang galah sangat menyukainya.

Untuk media kolam pemeliharaan tanpa kualitas air yang mengalir cenderung menurun setelah masa pemeliharaan satu bulan. 

Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan sebanyak 30-50% penggantian air dengan air baru dengan pH 6,5-8,5. Oksigen diperlukan dengan suhu optimum adalah 28-30, minimum 4 ppm terlarut, juga diperlukan minimal 52 ppm Ca dan salinitas 0-5 ppt.

Pencegahan Hama dan Penyakit

Kehadiran hama dan penyakit sangat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil produksi udang galah. Hama yang sering mengganggu pemeliharaan udang biasanya karena adanya predator yang masuk secara tidak sengaja seperti ikan lele, ikan patin dan lain-lain. 

Untuk mencegah masuknya hama yang memangsa tersebut, pintu arus masuk air harus di buatkan saringan kolam dan arus keluar dibuat dari jaring dengan ukuran mata jaring 0,2 mm.

Sedangkan dalam proses pembesaran diperlukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dengan cara berikut ini, Sampling untuk pengujian kesehatan udang galah (Macrobrachium rosenbergii) secara acak dengan jumlah udang sesuai dengan kebutuhan untuk pengamatan visual dan mikroskopis.

Pengamatan visual dilakukan untuk pemeriksaan gejala penyakit dan kesempurnaan morfologi udang (Macrobrachium rosenbergii). 

Pengamatan mikroskopis dibuat untuk lembaga inspeksi patogen (parasit, jamur, virus dan bakteri) di laboratorium.

Penyakit yang sering menyerang disebabkan oleh udang berlumut kedalaman air kolam di memadai dengan sirkulasi yang buruk, untuk mengatasi masalah dengan sirkulasi air bisa dipasang kincir angin.

Panen Udang 

Udang dapat dipanen setelah 4 bulan, 6 bulan, atau bahkan lebih, sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan oleh Konsumen udang. 

Biasanya udang akan dijual setelah mencapai ukuran 20-25 gram/ekor, tetapi semakin besar ukuran harga udang juga lebih mahal.

Itulah informasi tentang cara budidaya udang galah air tawar, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Budidaya Udang Galah Air Tawar"