Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal - Bila dalam membicarakan tentang tujuan orang budidaya ikan, maka bisa kita mengetahui alasan mengapa sebagian orang ingin ingin budidaya ikan. Untuk tujuan yang paling nampak tentu saja karena aspek finansial yang bisa di peroleh.

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Banyak sekali jenis ikan yang bisa dibudidayakan dan bisa menguntungkan. Akan tetapi, kali ini kami akan membahas mengenai budidaya ikan mas. 

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang terbilang sangat mudah untuk dibudidayakan dibandingkan dengan ikan tawar maupun tambak yang lainnya.

Media yang sekarang ini semakin populer digunakan ialah kolam terpal karena bisa hemat tempat dan mudah dilakukan, sebelum menjelaskan cara budidaya ikan mas di kolam terpal, terlebih dahulu kita harus mengetahui manfaat dalam teknik budidaya ikan mas dalam menggunakan media kolam terpal.

Mengapa Kolam Terpal ?

Teknik budidaya ikan mas pada kolam terpal sangat cocok bagi yang kekurangan tempat atau media air disekitar rumah maupun tempat tertentu. 

Memang banyak orang yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan mas namun mereka tidak memiliki lahan tanah yang cukup untuk budidaya ikan tersebut. Dengan memanfaatkan ide kolam terpal anda bisa menghemat tempat dan juga mudah untuk dilakukan.

Kestabilan Suhu Kolam Terpal

Dengan menggunakan kolam terpal kualitas suhu lebih stabil, sudah banyak sekali petani yang merasakan manfaat dalam budidaya ikan mas kaitannya dengan kestabilan suhu. 

Dengan menggunakan kolam terpal mampu mengatasi fluktuasi suhu kolam yang disebabkan oleh perubahan suhu dan perubahan musim.

Memiliki Kualitas Ikan Lebih Segar

Selain dapat meningkatkan kestabilan suhu ketika ingin panen, ikan mas tidak berbau tanah. Hal ini dikarenakan ikan mas yang dipanen tidak akan terkena lumpur sama sekali. 

Dan para konsumen pun cenderung menyukai ikan mas yang tidak berbau tanah. Jika dibandingkan dengan kolam tanah yang mana pasti dalam melakukan panen akan bermasalah dengan lumpur, sedangkan pada kolam terpal tidak akan memiliki masalah tersebut pastinya.

Proses Panen Lebih Mudah

Dari segi kemudahan dalam melakukan panen, banyak orang yang melakukan cara budidaya ikan mas dengan media kolam terpal yang mendapatkan manfaat dari segi mudahnya dengan mengolah kolam terpal tersebut. 

Dalam proses pengeringan pun dapat diketahui bahwa kolam terpal cepat dan mudah untuk dikeringkan yang mana hanya perlu sekitar sejam saja dibandingkan dengan kolam tanah yang membutuhkan setidaknya sehari dalam proses pengeringan.

Minimnya Resiko Serangan Penyakit

Cara budidaya ikan mas dalam kolam terpal juga jarang ditemui hama penyakit yang bisa mengganggu dalam proses pembesaran ikan mas. 

Hal ini dikarenakan pada kolam tanah, sering sekali terjadi penumpukan kotoran ikan yang bisa menyebabkan kualitas air menjadi buruk sehingga bisa menggangu kesehatan ikan mas tersebut. 

Jika pada kolam terpal kalian bisa dengan mudah dalam melakukan pembersihan sehingga kelangsungan hidup ikan mas menjadi lebih tinggi dibandingkan budidaya pada kolam tanah.

Nah, bagaimana menurut kalian tentang budidaya ikan di kolam terpal, lebih mudah dan hemat bukan bagi kalian yang kekurangan lahan. 

Selanjutnya kami akan memberikan informasi tentang cara budidaya ikan mas di kolam terpal yang baik dan benar.

Cara budidaya ikan mas di kolam terpal terbilang sangat mudah. Akan tetapi anda harus mengetahui tips apa saja yang harus diperhatikan. Hal yang pertama tentu saja yang berkaitan dengan apa saja yang harus dipersiapkan.

Pastikan untuk membeli terpal dengan memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kalian, dipastikan pula bahan terpal yang akan digunakan mempunyai kualitas yang terbaik sehingga bisa tahan lebih lama jika digunakan sebagai syarat utama kolam terpal.

Hal yang berikutnya tentu saja peralatan pendukung lain yang diperlukan untuk membangun kolam terpal tersebut baik dalam pembibitan maupun dalam pembenihan. Dipastikan dalam kedua proses tersebut dilakukan pada dua kolam terpal yang berbeda.

Pada tahapan ini kalian harus mengetahui bagaimana untuk memperoleh bibit ikan mas yang berkualitas, ada dua cara dalam memperoleh bibit ikan mas yaitu dengan membeli bibit yang ada dipasaran dan dengan melakukan pembibitan dengan usaha sendiri.

Apapun cara yang digunakan dalam mendapatkan bibit, pastikan benih yang anda gunakan memiliki kualitas yang paling bagus sehingga ketika panen nanti kalian juga mendapatkan kualitas ikan mas yang lebih baik.

Tahap Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan ikan mas dikolam terpal ialah dengan memperhatikan cara melakukan perawatan. 

Yang menjadi masalah disini ialah tentang bagaimana melakukan perawatan dalam membesarkan ikan mas yang anda miliki.

Pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan mas anda, variasikan makanan yang kalian sediakan pada ikan mas baik itu pakan alami maupun pakan pellet yang tersedia dipasaran. 

Kalian juga harus memastikan dalam memberikan makan ikan mas harus secara teratur untuk menjamin kualitas perkembangan ikan mas tersebut menjadi semakin cepat dan berkualitas.

Aspek kesehatan ikan mas perlu juga kalian mengetahuinya. Patikan untuk memeriksa kualitas air kolam terpal tersebut, jika perlu lakukan uji kandungan air pada kolam terpal ikan mas agar kalian mengetahui ada zat yang berbahaya atau tidak yang terkandung di air tersebut.

Banyak sekali masalah kesehatan ikan mas yang berkaitan dengan kondisi air kolam terpal, yang harus kalian perhatikan adalah kedisiplinan dalam menguras kolam terpal. 

Hal ini jangan sampai endapan kotoran di kolam terpal tersebut menjadi semakin banyak sehingga dapat memperburuk kualitas air kolam terpal. Bila perlu belilah alat penguras kolam agar proses pengurasan menjadi lebih efisien.

Itulah informasi tentang cara budidaya ikan mas di kolam terpal yang baik dan benar, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal"