Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Tombro Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Cara Budidaya Ikan Tombro  Peluang Bisnis Yang Menjanjikan - Ikan tombro ialah salah satu ikan air tawar yang merupakan ikan konsumsi yang terbilang banyak diminati oleh banyak kalangan karena memiliki rasa yang begitu gurih dan enak dan juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Budidaya ikan tombro

Di beberapa daerah, orang menyebutnya dengan ikan mas yang beradasarkan sejarah, ikan ini merupakan berasal dari Eropa dan Tiongkok, namun untuk sekarang ini sudah banyak menjumpai budidaya jenis ini di Indonesia.

Ikan ini biasanya hidup dengan secara gerombolan di air tawar. karena pola hidupnya yang sangat menyukai air yang mengalir dan tempat yang tidak terlalu dalam, ikan ini lebih dijumpai di dekat pintu masuk air, di pinggiran sungai atau danau.

Bila ingin memelihara ikan ini akan memilih tempat dibawah pancuran atau biasanya ditengah-tengah kolam.

Untuk ciri-ciri ikan mempunyai bentuk tubuh yang agak memanjang dan memipih tegak yang hampir seluruh tubuhnya ditutupi sisik dan hanya sebagian kecil saja yang tidak ditutupi. Sisiknya berukuran relatif besar dan termasuk tipe sisik sikloid.

Dengan melihat peluang yang sangat baik untuk perkembangbiakkan jenis ikan ini, maka anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Anda pun bisa membuat sebuah pemancingan supaya mendapatkan hasil yang lebih menguntungkan. Namun dalam cara budidaya ikan ini harus memperhatikan beberapa hal.

Dalam teknik budidaya yang perlu dipersiapkan dalam membudidayakan ikan jenis ini ialah dengan persiapan kolam, pengisian air, penebaran benih, pengontrolan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, mengamati pertumbuhan, pemberian pakan, panen dan pemasaran.

Untuk kedalaman kolam ikan tombro juga harus diperhatikan, jangan sampai kurang dibatas ambang 0,75 meter.

Karena banyak orang yang menyukai ikan ini untuk dikonsumsi, banyak orang yang melihat peluang  dan mulai melakukan budidaya ikan tombro. Berikut tahapan cara budidaya ikan tombro peluang bisnis yang menjanjikan,

Proses Pemeliharaan

Pada ikan ini akan dapat hidup pada suhu yang berkisar 24 hingga 30 C dengan pH 6 hingga 7, untuk dapat hidup dengan hasil yang optimal, dalam pemeliharaan dilakukan di air yang tenang atau tidak terlalu deras namun juga memiliki sirkulasi air yang cukup terus-menerus. Dalam pemeliharaan dapat dilakukan selama 3 hingga 4 bulan.

Untuk dapat melakukan pembesaran pada bibit ikan yang baik ialah dengan perhatikan kondisi kualitas air di kolam karena ini akan berkaitan dengan nafsu makan ikan.

Jika kondisi air di kolam sangat bagus, maka nafsu makan ikan akan jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi air yang buruk.

Kondisi air yang bagus ditandai dengan warna air yang berwarna bening kehijauan/kecoklatan, tidak berbau, tidak berminyak dan tidak memiliki endapan pada permukaan kolam.

Untuk cara memelihara lainnya ialah sebaiknya di tengah kolam diletakkan pancuran atau filterisasi. Hal ini dapat membantu memperbaiki kondisi air yang buruk dan juga meningkatkan kadar oksigen di dalam kolam.

Tahap Pemberian Pakan

Untuk dapat memaksimalkan cara budidaya ikan jenis ini, pakan juga sangat penting untuk diperhatikan.

Umumnya ikan ini cenderung bersifat rakus dan pemakan segala. Ikan ini termasuk jenis hewan omnivora, ikan ini bisa menyerap segala makanan baik yang berupa hewani dan nabati, seperti lumut, ganggang, sayuran, serangga dan cacing. Makanan utama ikan ini ialah tumbuhan dan binatang yang terdapat di dasar dan tepi perairan.

Dalam teknik budidaya itu sendiri, ikan ini dapat diberi pakan dalam 3 kali sehari, namun saat yang baik untuk memberi pakan dalam dilakukan pada saat pagi hari karena sinar matahari dapat meningkatkan kadar oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman air sebagai akibat dari fotosintesis oleh matahari.

Untuk kesehatan ikan ini bisa dilihat dari nafsu makannya, ikan yang mengalami stress akan dapat menyebabkan beberapa penyakit pada ikan seperti jamur, bercak merah, gatal dan penyakit lainnya. Hal itu dapat menyebabkan dampak menurunnya nafsu makan pada ikan.

Itulah informasi tentang cara budidaya ikan tombro peluang bisnis yang menjanjikan mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Tombro Peluang Bisnis Yang Menjanjikan"