Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Burung Jalak Suren

Budidaya Burung Jalak Suren - Bagi pencinta burung pastinya tidak asing lagi dengan burung yang satu. Jalak suren yang merupakan salah satu binatang eksotis yang asli Indonesia ini. Dengan keindahan bulunya dan kicau merdu suaranya merupakan menjadi daya tarik utama burung dengan memiliki corak hitam dan putih ini.

Budidaya burung jalak suren

Untuk daya jual dan harga dipasar pun terbilang sangat tinggi. Bukan suatu hal yang mengejutkan bila pada akhirnya banyak orang saling berlomba-lomba ingin mencoba untuk membudidayakan burung yang satu ini. Banyak yang berhasil namun tidak sedikit juga yang akhirnya gagal.

Hal ini karena memang untuk dalam budidaya jalak suren ini butuh sebuah cara ternak atau teknik beternak yang baik. 

Seseorang yang ingin dalam menekuni bisnis pemeliharaan burung jalak suren ini harus telaten dan ulet. Berikut kami akan memberikan informasi tentang bagaimana budidaya burung jalak suren yang baik dan benar.

Pemilihan Kandang

Dalam membudidayakan anda memang harus benar-benar berkomitmen apabila ingin melakukan dalam penangkaran terhadap jalak suren dan memelihara burung tersebut, baik jenis jalak suren Jawa ataupun Jalak suren Malaysia. Berikut ini adalah cara dalam membudidayakan jenis burung ini.
  • Yang pertama anda harus perhatikan baik-baik ialah kondisi kandang.
  • Siapkan sebuah kandang penangkaran yang terbuat dari besi atau kayu.
  • Untuk ukuran anda dapat menyesuaikan dengan luas area yang anda miliki.
  • Sebagai sebuah tamabahan kecil, lebih besar akan lebih baik. Burung akan memiliki banyak tempat untuk bergerak sehingga dapat tumbuh dengan sehat.

Apabila anda tidak mempunyai luas area yang cukup, maka buatlah kandang dengan memiliki panjang minimal 100 cm dan lebar sekitar 90 cm. lalu beri tinggi kandang sekitar 180 cm. pada setiap dinding kandang, sediakan kawat ram.

Dan sebagai tutu panda dapat menggunakan eternit atau mungkin asbes. Lalu beri ruang kecil pada bagian atap sehingga sinar matahari masih bisa masuk ke dalam kandang yang mana merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan burung tersebut.

Proses Pemberian Tanaman Dan Kolam

Apabila kemungkinan anda mempunyai jumlah unit kandang yang terbilang cukup banyak. Untuk mengatasi hal tersebut aturlah posisi setiap kandang secara bersejajar. 

Beri pembatas atau sekat yang terbuat dari batu bata hal ini untuk menghindari stress. Untuk bagian bawah kandang, sediakan tempat air sebagai tempat mandi dan minum.

Untuk ukuran kolam tersebut sesuaikan dengan besar kandang yang dimiliki. Dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan burung itu sendiri. 

Untuk penambahan tanaman perdu di dalam kandang hal ini sangat penting untuk dilakukan. Dalam hal ini supaya burung jalak memiliki tempat untuk bertengger.

Selanjutnya buatlah kotak sarang dengan ukuran minimal 30x30x40 cm. Kemudian beri lubang pada bagian depan sebagai pintu. 

Sarang kemudian dimasukkan ke dalam kotak sarang dan pastikan sarang yang anda buat tersebut dalam bentuk yang cukup besar. Taruh kotak sarang ini di bagian atas kandang atau diatas pohon perdu yang disediakan.

Memilih Indukan

Dalam hal ini akan lebih baik bila anda mencari indukan hasil dari penangkaran. Hal ini diharapkan dengan memilih indukan penangkaran, jumlah perburuan liar jalak suren akan menurun. 

Selain itu penting untuk masalah kelestarian satwa ini di luar, memilih indukan hasil penangkaran penting untuk masalah adaptasi. Sehingga sangat mudah dalam hal perwatan pada nantinya.

Pilihlah indukan yang mempunyai badan yang besar dan sehat. Pilih yang mempunyai susunan bulu yang rapi, paruh yang kokoh dan tebal dan bulu yang berwarna hitam mengkilat dan putih bersih. Ini berarti tanda bahwa burung jalak suren tersebut sehat.

Pemberian Pakan

Dalam hal penangkaran, untuk pengaturan pakan sangat penting. Penuhi gizi burung tersebut dan dipastikan kebutuhan nutrisinya terjamin. 

Apabila diperlukan penambahan beberapa makanan ekstra seperti jangkrit, ulat dan berbagai macam serangga lainnya juga sangat penting. 

Anda juga dapat menambahkan produk penambahan tingkat kesuburan untuk menghindari adanya kemungkinan telur yang dihasilkan ialah telur infertil.

Demikianlah pembahasan mengenai cara budidaya burung jalak suren semoga dengan adanya informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, Selamat Mencoba !!!

Post a Comment for "Cara Budidaya Burung Jalak Suren "