Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Tawes Peluang Usaha yang Menjanjikan

Budidaya Ikan Tawes  - Untuk peluang usaha di bidang perikanan di Indonesia itu sendiri sangat besar, hal ini mengingat Indonesia sendiri memiliki sumber air dan juga beragam jenis ikan konsumsi yang begitu melimpah.

Budidaya ikan tawes

Salah satu ikan konsumsi yang terbilang sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat yakni ikan tawes. Ikan ini berukuran sedang dengan panjang total sekitar 330 mm. 

Ikan Tawes ini banyak ditemukan di sungai-sungai, anak sungai, hingga waduk. Untuk anda yang berminat dalam membudidayakan ikan tawes anda harus mengetahui bagaimana cara budidaya ikan ini dengan baik.

Untuk cara budidaya yang benar maka akan menentukan hasil panen yang kita dapatkan, berikut ini beberapa informasi yang penting terkait bagaimana cara membudidayakan ikan tawes, mulai dari proses pembenihan, pembesaran sampai ke waktu panen tiba.

Pembenihan Ikan Tawes

Dalam hal ini sebetulnya kita dapat langsung membeli bibit ikan tawes yang telah siap untuk dibesarkan di kolam-kolam, akan tetapi bagi anda yang ingin mempelajari bagaimana cara pembenihan atau pembibitan ikan tawes, berikut ini kami akan memberikan informasinya.

Untuk langkah yang pertama yakni kiat mulai dengan pemilihan induk jantan dan betina ikan tawes yang baik. 

Indukan-indukan yang telah siap untuk dipijahkan yakni induk jantan yang telah berusia satu tahun dan induk betina yang telah berusia satu setengah tahun.

Bila kesulitan menentukan umur ikan, maka kita dapat melihat bagian kelaminnya apakah sudah matang atau siap. Induk-induk yang telah dipilih berikutnya dimasukan ke dalam kolam pemijahan. 

Dengan jumlah perbandingan induk jantan dan betina di dalam kolam pemijahan yakni kurang lebih 50 ekor induk jantan dan 25 ekor induk betina.

Setelah itu induk akan bertelur di sekitar kolam, lalu telur akan menetas kira-kira setelah 3 hari kemudian, selanjutnya anak-anak ikan tawes tetap kita pelihara di kolam tersebut sampai berusia sekitar tiga minggu.

Teknik Pengambilan Benih Ikan Tawes

Untuk proses yang berikutnya di dalam membudidayakan ikan tawes ialah dengan memindahkan benih yang telah siap. 

Setelah berumur 21 hari, benih-benih selanjutnya akan dideder di dalam kolam khusus selama sekitar 1 bulan. Pendederan dilakukan dengan menebar benih ke kolam yang telah disiapkan, dengan perbandingan jumlah kurang lebih 20 ekor per meter kubik.

Selanjutnya benih-benih tersebut dapat kita jula ataupun kita pindah ke kolam-kolam lain untuk kita dapat besarkan sendiri. 

Biasanya jika benih yang di dapat sangat banyak sedangkan kolam pembesaran tidak dapat menampung semuanya maka akan diambil sebagian untuk dibesarkan dan sisanya dijual.

Tahap Pemeliharaan Ikan Tawes Dalam Kolam Pembesaran

Pada benih yang sudah siap untuk dibesarkan panjang ukuran tubuhnya yakni sekitar 5 cm hingga 8 cm. Kita dapat langsung memasukan ikan-ikan tawes yang telah siap dibesarkan dengan tingkat kepadatan kira-kira 4 ekor ikan per meter kubik. 

Perlu dicermati supaya jumlah ikan di dalam kolam tidak terlalu padat karena akan dapat mempengaruhi hasil panen yang akan di dapat.

Selanjutnya ialah dengan memelihara ikan dengan cara memberi pakan dengan secara teratur maupun merawat kebersihan kolam. 

Kita harus selalu memastikan bahwa air di dalam kolam mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Selain itu juga kita perlu melancarkan proses sirkulasi air supaya ikan tidak mudah terkena penyakit.

Untuk pakan tambahan yang biasa diberikan untuk proses pembesaran ikan tawes yang sehingga dapat memebuhi kriteria ukuran sebagai ikan konsumsi yakni daun-daun, dedak, singkong, kangkung dan lainnya. 

Ketika memberi makan, kita akan melihat kerakusan ikan tawes yang begitu dengan cepat akan menyambar makanan yang kita berikan. Untuk masa panen dilakukan biasanya ketika ikan telah berumur 6 bulan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara budidaya ikan tawes peluang usaha yang menjanjikan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, Selamat Mencoba !

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Tawes Peluang Usaha yang Menjanjikan"