√ Jenis Ikan Lele yang Populer dan Banyak dikembangkan di Indonesia - Agribisnis Agrokompleks

Jenis Ikan Lele yang Populer dan Banyak dikembangkan di Indonesia

Jenis Ikan Lele yang Populer dan Banyak dikembangkan di Indonesia
Jenis Ikan Lele dikembangkan di Indonesia - Terdapat banyak jenis dari ikan lele yang tersebar di dunia. Untuk di Indonesia ada banyak puluhan jenis ikan lele yang tersebar di pulau-pulau dan daerah di Nusantara, namun ada beberapa jenis ikan lele yang populer dan banyak dikembangkan oleh masyarat Indonesia, 
Jenis lele di indonesia

Bagi kalianyang ingin mengetahui jenis ikan lele yang populer di kembangkan di Indonesia, berikut kami akan menjelaskan jenis ikan lele yang populer dan banyak dikembangkan di Indonesia.

Ikan Lele Jawa 

Hasil gambar untuk lele jawa
Sumber : hobiternak.com

Ikan Lele Jawa (Clarias batrachus) atau orang biasa menyebutnya dengan lele lokal adalah lele yang asli berasal dari perairan Indonesia. Lele jawa sempat populer di kalangan pembudidaya ikan lele sebelum ikan lele jenis lain hadir. Dahulu, banyak petani yang membudidayakan ikan lele jawa baik sebagai konsumsi ataupun sebagai ikan hias.

Jenis dalam ikan lele jawa terbagi atas tiga macam yaitu lele jawa yang berwarna hitam sebagai lele konsumsi, dan lele jawa yang berwarna merah dan hitam putih belang-belang sebagai lele hias. Pada umumnya terdapat ciri dalam ikan lele jawa yaitu memiliki tubuh yang kecil, pipih memanjang dengan warna kulit hitam. Pada sirip dadanya terdapat patil yang cukup tajam dan beracun. Laju pertumbuhan dari lele jawa tergolong lambat. Hal itu juga berpengaruh pada pemberian pakan yang juga menjadi lebih banyak. 

Ikan Lele Dumbo

Hasil gambar untuk lele dumbo
Sumber : www.agrinak.com

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) didatangkan ke Indonesia pada tahun 1985, dan merupakan hasil persilangan antara pejantan jenis Clarias gariepinus asal Afrika dengan betina jenis Clarias fuscus asal Taiwan.

Sudah banyak para peternak yang mengembangkan jenis ikan lele dumbo ini karena perkembangan lele dumbo jauh lebih cepat dari lele jawa karena dalam waktu 3 bulan lele dumbo telah bisa dipanen. Banyak juga para peternak lele dumbo membudidayakan untuk sebagai lele konsumsi dan juga bibit.

Warna dari kulit lele dumbo adalah kemerahan atau keunguan dengan kulit bagian perut berwarna putih. Terdapat bintik-bintik besar di tubuhnya. Disaat lele dumbo stress, maka warna kulitnya akan berubah menjadi lebih terang dan muncul bercak-bercak pada kulitnya.

Tetapi saat kondisinya sudah kembali tenang dan normal, warna kulitnya pun akan kembali seperti semula. Akan tetapi meskipun pertumbuhan lele dumbo sangat cepat, kualitas dari segi rasa tidak kalah dengan lele jawa karena rasa daging ikan lele dumbo masih dibawah lele jawa, untuk tekstur dari segi rasa lele dumbo memiliki tekstur daging yang sedikit lembek dan tidak segurih lele jawa. Meskipun begitu banyak juga peminat yang suka dengan citarasa lele dumbo meskipun rasanya tidak seperti lele jawa.

Ikan Lele Sangkuriang

Jenis lele di indonesia
Sumber : alamtani.com

Ikan lele sangkuriang ini pada umumnya hasil rekayasa genetika dari ikan lele dumbo melalui perkawinan  sekerabat (inbreeding), tujuan di kembangkan lele sangkuriang untuk mendapatkan bibit lele unggul karena peminat lele dumbo sendiri sudah mulai berkurang, untuk rekayasa genetika ini dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

Pada tahun 2004 di kembangkan lele sangkurinag awal mulanya di kembangkan oleh para peneliti dari BBPAT Sukabumi selama dua tahun yaitu mulai dari tahun 2002 hingga 2004 hingga akhirnya para peneliti dari BBPAT Sukabumi berhasil menemukan spesies lele baru yang diberi nama lele sangkuriang. Dinamakan sangkuriang, karena asal usul ikan ini mirip seperti cerita legenda di Jawa Barat yakni Legenda Sangkuriang.

Itulah informasi jenis ikan lele yang banyak dikembangkan di Indonesia mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba ! 
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Jenis Ikan Lele yang Populer dan Banyak dikembangkan di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel