Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Budidaya Entok

Cara Mudah Budidaya Entok - Untuk sekarang ini pekerjaan sampingan memang sangat diperlukan karena dalam penghasilan pekerjaan utama pun terkadang tidak mencukupi untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya apalagi jika hanya kepala rumah tangga saja yang bekerja.

Budidaya entok

Anda juga harus pintar-pintar untuk memutar otak untuk mencari usaha sampingan yang kira-kira cocok dan dapat dijalankan dengan beriringan dengan pekerjaan yang utama.

Memang untuk jenis usaha sudah banyak sekali yang dapat anda pilih namun menurut survei, ternyata untuk usaha ternak unggas lah yang untuk akhir-akhir ini marak sekali untuk di minati kebanyakan masyarakat umumnya disamping karena kita tidak perlu takut lagi dengan adanya wabah flu burung, waktu yang anda perlukan untuk mengurusi usaha ini pun bisa sangat fleksible dan bisa disesuaikan dengan jadwal anda sehari-hari.

Kenapa Memilih Beternak Entok

Tentu saja banyak sekali pastinya unggas yang dapat anda ternak seperti ayam, itik atau bebek dan juga entok. Dari ketiga jenis unggas tersebut diatas mungkin hanya entok yang sedikit asing pastinya ditelinga anda bukan?? 

Namun jika ditilik lebih lanjut ternyata dengan memelihara entok sedikit lebih menguntungkan jika dibanding dengan beternak bebek atau ayam hal ini karena masih jarang sekali orang yang beternak entok meskipun permitaan akan daging unggas yang satu ini terbilang cukup banyak.

Selain dengan besarnya peluang bisnis dalam budidaya entok ternyata cara ternak entok pu juga tergolong cukup mudah dan juga praktis. Tentu saja ada banyak alasan mengapa para pencuri usaha sampingan melirik entok yang sebagai target usaha.

Dalam hal ini salah satu ialah masalah pakan yang sangat irit dan ini pastilah juga akan beruimbas pada cara budidaya yang akan semakin mudah karena peternak tidak perlu kesana-kemari untuk mencarikan pakan untuk si entok tersebut.

Yang selain pakan yang terbilang lumayan irit ternyata masih ada lagi beberapa alasan yang membuat masyarakat cukup tertarik usaha beternak entok atau yang sering disebut sebagai itik manila ini.

Untuk beberapa alasannya antara lain karena permintaan akan bebek entok yang lumayan tinggi serta sangat mudahnya pemasaran atau promosi usaha apalagi bila pengusaha berinisiatif dengan menggunakan internet sebagai media promosi sekaligus pemasaran.

Cara Budidaya Entok

Untuk modal yang dibutuhkan juga terbilang sangatlah terjangkau untuk ukuran bisnis rumahan karena uang yang perlu anda keluarkan pun untuk pertama kalinya hanya berkisaran kurang dari lima ratus ribu saja.

Untuk uang sejumlah itu mungkin dapat anda dapatkan dari tabungan anda atau mungkin anda dapat meminjam dari orang dekat yang dapat dipercaya. 

Dari modal awal tersebut anda akan dapat membeli beberapa ekor anak atau bibit entok yang biasanya dijual dengan harga tiga ribu rupiah per ekor. 

Namun yang perlu anda perhatikan ialah teknik budidaya anakan entok pastilah agak berbeda dengan teknik beternak entok yang sudah dewasa.

Untuk cara beternak unggas yang satu ini pun memang sangatlah mudah karena tidak diperlukan teknik-teknik tertentu seperti ketika kita beternak hewan lain. Yang perlu anda perhatikan ialah mengenai jadwal pemberian pakan dan jenis-jenis penyakit unggas.

Ini tentu saja perlu diperhatikan karena akan berdampak langsung pada kesehatan entok khsusunya entok pedaging yang ketika terkena penyakit akan menjadi menyusut beratnya yang sehingga ada kemungkinan anda akan menanggung rugi pun juga akan semakin besar.

Dan tiga hal yang utama yang harus menjadi perhatian anda apabila anda ingin beternak entok yakni pakan, kesehatan entok dan juga kondisi kandang. 

Peternak mungkin tidak perlu terlalu sering membersihkan kandang namun tetap harus dicek karena kandang yang kotor bisa saja menjadi sarang penyakit.

Itulah informasi tentang cara budidaya entok yang baik dan benar, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Mudah Budidaya Entok"