Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aspek Budidaya Padi Organik Melalui Metode SRI

Aspek Budidaya Padi Organik Melalui Metode SRI - Usaha tani padi dengan sistem SRI (System of Rice Intensification) merupakan usahatani yang dapat menghemat penggunaan input seperti benih, penggunaan air, pupuk kimia dan pestisida kimia melalui pemberdayaan petani dan kearifan lokal.

Aspek budidaya padi organik metode SRI

Beberapa praktek di berbagai negara menemukan bahwa metode SRI (System of Rice Intensification) berhasil menekan serendah mungkin input produks, hal ini sejalan dengan upaya para pelaku yang bergerak di bidang pertanian organik untuk mengolah tanah secara berkelanjutan. 

Sebagaimana banyak penelitian yang menerapkan bahwa ditemukan hubungan konservasi air pada sistem budidaya padi SRI dengan upaya konservasi tanah yang dianut pada budidaya padi organik. 

Saat ini, banyak para petani organik yang menerapkan budidaya padi dengan metode SRI (System of Rice Intensification).

Pola pertanian padi SRI (System of Rice Intensification) organik merupakan perpaduan antara metode budidaya padi SRI (System of Rice Intensification) yang pertamakali dikembangkan di Madagaskar, dengan metode budidaya padi organik dalam praktek pertanian organik. Metode ini akan meningkatkan fungsi tanah sebagai media tumbuh dan sumber nutrisi tanaman. 

Untuk itu dengan menerapkan sistem SRI (System of Rice Intensification) organik daur ekologis akan berlangsung dengan baik karena memanfaatkan mikroorganisme tanah secara natural dan untuk gilirannya keseimbangan ekosistem dan kelestarian lingkungan akan selalu terjaga. 

Di sisi lain, produk yang dihasilkan dari metode ini lebih sehat bagi konsumen karena terbebas dari paparan zat kimia berbahaya.

Dengan menerapkan sistem dengan metode SRI (System of Rice Intensification) kesuburan tanah dikembalikan sehingga daur-daur ekologis dapat kembali berlangsung dengan baik dengan memanfaatkan mikroorganisme tanah sebagai penyedia produk metabolit untuk nutrisi tanaman.

Dan bahwan jikan menerapkan metode ini diharapkan kelestarian lingkungan dapat tetap terjaga dengan baik, demikian juga dengan produk akhir yang dihasilkan, yang notabene lebih sehat bagi konsumen karena terbebas dari paparan zat kimia berbahaya.

Jika melakukan budidaya padi organik menggunakan metode SRI (System of Rice Intensification) bisa menghasilkan produk akhir berupa beras organik yang memiliki kualitas tinggi sebagai beras sehat, dilihat dari beberapa aspek berikut:

Aspek Lingkungan

Dari aspek lingkungan dalam buddiaya menggunakan metode ini bisa menghilangkan penggunaan pupuk dan obat-obatan kimia dan manajemen penggunaan air yang terukur secara tidak langsung telah membantu mengkonservasi lingkungan.

Aspek Kesehatan

Dalam menerapkan metode SRI (System of Rice Intensification), manfaar yang dirasakan dari aspek kesehatan bagi konsumen produk yang dihasilkan akan lebih sehat dan menyehatkan, karena tidak terkandung residu zat kimia berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia.

Produktivitas Tinggi 

Untuk dari segi produktivitas dengan penerapan metode ini bagi produsen atau petani bisa meningkatkan hasil panen yang pada giliranya menghasilkan keuntungan maksimal.

Kualitas yang Tinggi

Produk  yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan produk konvensional, sehingga harganya pun tentunya akan lebih baik.

Itulah informasi tentang aspek budidaya padi organik melalui metode SRI, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Aspek Budidaya Padi Organik Melalui Metode SRI"