√ Panduan Ternak Ayam Potong Untuk Pemula - Agribisnis Agrokompleks

Panduan Ternak Ayam Potong Untuk Pemula

Panduan Ternak Ayam Potong Untuk Pemula
Panduan Ternak Ayam Potong - Ayam potong merupakan salah satu komoditas pangan yang tinggi peminatnya karena sangat mudah di dapatkan dan harganya pun relatif murah dibandingkan dengan ayam kampung atau daging sapi yang harganya kian naik.
Panduan Ternak Ayam Potong Untuk Pemula

Ayam potong menjadi salah satu pilihan konsumen saat ini karena permintaan di pasaran sangat meningkat dan terkadang stok untuk produksi ayam potong di pasar menjadi kendala. Nah, untuk itu usaha ternak ayam potong ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk kalian kembangkan.

Dalam budidaya ternak ayam potong memang membutuhkan modal yang cukup besar karena salah satu modal besarnya adalah menyediakan tempat dan pangan serta perawatan dan umumnya untuk lokasi ternak ayam potong tidak bisa di perumahan atau berdekatan dengan keramaian karena pastinya ayam akan stress, mati dan warga juga akan terganggu dengan bau serta lalat yang terbang kemana-mana.

Jika memang terpaksa harus dekat dengan pemukiman penduduk, kalian harus bisa memperhatikan kondisi kandang dan perawatan ternak ayam potong agar tidak berbau karena banyak masyarakat yang tidak suka berdekatan dengan peternakan ayam karena limbah yang dihasilkan.

Jika kalian bisa melakukan budidaya yang baik dan benar setra menjamin penanganan limbah dengan baik maka masyarakat tidak akan keberatan dengan peternakan ayam yang kalian bisa kembangkan. Nah, untuk itu kami akan memberikan tips ternak ayam potong khusus untuk pemula.

Tips yang pertama adalah tempat untuk ternak. Buatlah kandang yang ideal dan bisa menyesuaikan pencahayaan matahari masuk dan kebutuhan angin ayam potong, serta beri lampu yang cukup untuk mengatur pencahayaan dan mengatur agar suhu lingkungan tetap terjaga karena dalam budidaya ternak ayam potong suhu berperan penting agar ayam potong dapat bertahan hidup.

Tipe kandang yang digunakan untuk ternak ayam potong ada dua macam yaitu tipe panggung dan melantai atau litter. Di dalam pembuatan kandang kalian harus memperhatikan sumberdaya listrik dan sumber airnya.

Setelah kandang selesai dibuat, pasang peralatan untuk menyambut DOC ayam potong, pemilihan bibit atau DOC yang berkualitas memiliki peluang hidup yang besar sehingga kemungkinan tinggi juga untuk di panen. Setelah DOC sudah di dalam kandang, pada umur empat belas hari pertama kalian harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam tersebut, karena masa ini sangat penting untuk kesuksesan usaha budidaya ternak ayam potong kalian.

Perhatikan juga suhu ruangan dalam waktu empat belas hari pertama ini, jika anak ayam banyak yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kalian kurang hangat, tapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya sudah pas, tetapi kalian juga jangan membuat suhu ruangan sampai terlalu panas.

Usahakan untuk vaksinasi ayam potong tepat pada hari ke tujuh, ke empat belas dan ke dua puluh satu. Setelah melewati masa empat belas hari pertama maka selanjutnya akan lebih mudah karena kalian hanya perlu mengontrolnya sehari dua kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya saja, hal ini terus dilakukan hingga masa panen tiba.

Pemberian antibiotik dan vitamin pada minuman ayam diberikan mulai hari ke lima hingga hari ke sepuluh sebelum masa panen. Khusus vitamin dapat diberi hingga masa panen. Pakan juga menjadi poin penting dalam kesuksesan ternak ayam broiler. Semakin bernutrisi pakan yang diberikan maka tumbuh dan kembang ayam akan menjadi semakin pesat.

Pemberian pakan pun harus tepat seperti disesuaikan dengan umurnya, pemberian porsi harus tepat, pemberian makan tepat waktu, dan pemberian air minum tidak boleh terputus.

Itulah informasi tentang panduan ternak ayam potong untuk pemula, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Panduan Ternak Ayam Potong Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel