Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Tanaman Pepaya Tumbuh Subur Dengan Pohon Pendek Dan Memiliki Buah yang Banyak

Tanaman Pepaya Tumbuh Subur Dan Memiliki Buah Banyak - Pohon pepaya sudah populer di sekitar kita. Banyak yang menyenangi buahnya. Selain buah, daun dan bagian lainnya pun dapat pula dimanfaatkan aneka makanan dan obat tradisional.

Tanaman pepaya pohon pendek dan berbuah banyak

Sesuai sifatnya pohon pepaya menjulang tinggi, sehingga terkadang untuk memetik buahnya susah. Bahkan ada kekhawatiran tersendiri, apabila ada angin besar biasanya batang pohon pepaya patah. 

Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mengusahakan agar tanaman pepaya tumbuh subur, dengan pohon pendek, tetapi memiliki buah yang banyak.

Pertama kalian melakukan pemilihan pohon pepaya yang tumbuh baik. Biasanya tanaman pepaya yang masih berusia 1 bulan, atau tanaman pepaya yang tingginya 40-50 cm. 

Pangkas bagian kuncupnya atau pada pupus daun yang paling muda, atau paling panjang pada pertengahan batang.

Tujuannya untuk menumbuhkan tunas baru dan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pepaya, namun tanaman pepaya menjadi pendek. Selanjutnya, tunggu selama kurang lebih 7-10 hari sampai tunas-tunas baru tanaman pepaya tumbuh.

Setelah tunas-tunas baru mulai tumbuh, lakukan seleksi tunas. Seleksi tunas dilakukan dengan cara menentukan 1 tunas yang paling sehat dan membuang tunas-tunas yang lain. 

Dengan hanya menyisakan satu tunas ini diharapkan zat makanan hanya tertuju fokus pada satu tunas, sehingga pertumbuhannya cepat dan akan menjadi batang utama.

Setelah tunas tumbuh besar, iris tunas memanjang ke atas, sekitar setengah dari panjang tunas. Pastikan irisan jangan sampai memutuskan atau memotong bahan.  

Kemudian ganjal irisan tunas menggunakan batang kayu bertujuan agar irisan tunas tidak menyatu kembali. Tutup irisan dengan tanah dan bungkus.

Langkah ini untuk merangsang tumbuhnya akar, sekaligus menyediakan unsur hara bahan makanan tumbuhnya. Bila sudah tumbuh akar, potong tunas lengkap, dan siap dipindahkan ke media tanam yang sudah disiapkan dengan seleksi media dan campuran pupuk secukupnya.

Itulah informasi tentang cara agar tanaman pepaya tumbuh pendek dan berbuah banyak, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Agar Tanaman Pepaya Tumbuh Subur Dengan Pohon Pendek Dan Memiliki Buah yang Banyak"