√ Hama yang Paling Sering Menyerang Padi - Agribisnis Agrokompleks

Hama yang Paling Sering Menyerang Padi

Hama yang Paling Sering Menyerang Padi
Hama Tanaman Padi - Dalam budidaya tanaman padi, maka kita tidak akan terlepas dari ancaman hama yang sering menyerang tanaman padi kita. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan petani untuk bisa mengenal jenis-hama tanaman padi agar petani dapat mengatur dan dapat menerapkan pengaturan yang tepat, cepat, dan akurat.

Jika kita mengetahui hama yang paling sering menyerang padi dan bagaimana cara mengendalikannya maka kita dapat menghasilkan padi dengan baik, untuk itu kami akan memberikan informasi tentang hama yang paling sering menyerang padi.

1. Tikus 

Hama yang sering menyerang padi
Sumber : jualpestisida.com

Hama tikus menyerang tanaman padi dari mulai masih menjadi tanaman hingga tanaman mulai masa pengisian bulir. kalian juga harus mengetahui kapang tikus menyerang, tikus sangat aktif pada malam hari makanya hama tikus dapat menyerang padi pada malam hari dan pada siang hari tikus bersembunyi di lubang sebagai tempat mereka bersarang seperti di pematang sawah. 

Tikus dapa perkembangbiak sangat cepat makanya jika tidak membasmi tikus maka kerusakan yang ditimbulkan tikus akan sangat merugikan bagi petani yang sedang membudidayakan tanaman padi dan kondisi terparahnya, serangan hama tikus dapat menyebabkan hingga tanaman padi gagal panen. untuk mengendalikan hama tikus kalian tinggal menggunakan cara ekstrim dengan memasang musuh alaminya yaitu ular.

2. Penggerek Batang

Hasil gambar untuk Penggerek Batang
Sumber : badungkab.go.id

Sundep adalah nama lain dari hama penggerek batang, mereka biasanya menyerang pada fase vegetatif dengan ciri ditandai daun tengah atau pucuk tanaman akan mati karena titik tumbuh dimakan larva penggerek batang. 

Kehadiran pada hama ini dengan ditandai oleh kehadiran ngengat dan kematian pada tunas padi. Untuk mengendalikannya bisa menggunakan cara mekanik, mengendalikan dengan menggunakan cara hayati, dan menggunakan insektisida.

3. Keong Mas

Gambar terkait
Sumber : www.inibaru.id

Untuk hama keong mas mereka menyerang pada saat tanaman padi mulai dari masa vegetatif dan itu dimulai dari masa pembibitan. Keong mas merusak tanaman dengan cara memarut jaringan tanaman dan disimpannya menyebabkan timbulnya bibit yang hilang per tanaman. 

Untuk mengendalikan bisa menggunakan cara mekanik yang dimulai dengan mengambil telur dan keong mas pada area budidaya. Selain itu bisa membuat parit kecil yang ukurannya lebih besar kemudian daun pisang atau daun pepaya sebelum daerah budidaya padi di keringkan. Dengan adanya parit yang berisi udara dan dedaunan ini diharapkan mas akan didukung dengan mudah dalam pengambilan.

4. Wereng

Gambar terkait
Sumber : www.beritasatu.com

Hama wereng sangat banyak jenisnya jadi kalian juga harus mengetahuinya diantarnya wereng cokelat, wereng putih, dan wereng hijau. untuk serangan hama wereng tersebut mereka menyerang dengan cara menghisap cairan yang ada di tanaman padi dan dapat menularkan virus ke tanaman. Serangan ini dapat menyebabkan padi menjadi kering atau pertumbuhannya menjadi kerdil. 

Untuk mengendalikan hama wereng ada banyak cara yang dilakukan salah satunya dengan membersihkan gulma yang ada di area sawah, terus kalian juga bisa lakukan tanam padi secara serentek, dan kalian juga bisa lakukan dengan cara memilih varietas benih yang tahan.

5. Walang Sangit

Hasil gambar untuk walang sangit
Sumber : milesia.id

Hama walang sangit akan menyerang pada saat tanaman padi telah memulai fase memasak susu. Hama ini akan menyerang bulir padi dengan menghisap cairan sehingga menghasilkan bulir padi menjadi hampa, berkerut, berwarna cokelat dan menurunkan kualitas dari segi rasa. 

Dengan serangan parah hasil panen akan menjadi lebih buruk dan penurunan produktivitas hasil panen. nah, untuk pengendalian hama walang sangit kalian tinggal mengumpulkan telur-telurnya atau kalian juga bisa mengendalikannya dengan cara melepas musuh alaminya yaitu jangkrik dan laba-laba.

6. Burung 

Gambar terkait
Sumber : s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Hama burung menyerang tanaman padi pada fase masak susu panen padi. Burung yang akan dipindahkan langsung menjadi bulir padi yang sedang menguning sehingga menimbulkan hasil langsung. Selain itu, burung ini juga bisa patahnya malai padi. 

untuk mengendalikan hama burung kalian tinggal membuat orang-orangan sawah yang bisa mengusir burung yang menyerang tanaman padi, kalian juga bisa membentangkan tali di area persawahan agar burung sulit menyerang tanaman padi

Itulah informasi tentang jenis hama yang paling sering menyerang tanaman padi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Hama yang Paling Sering Menyerang Padi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel