√ Cara Budidaya Tanaman Kangkung yang Baik dan Benar - Agribisnis Agrokompleks

Cara Budidaya Tanaman Kangkung yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Tanaman Kangkung yang Baik dan Benar
Budidaya Tanaman Kangkung - Budidaya kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang proses penanamannya lebih mudah daripada sayuran kebanyakan, agar kangkung yang kita tanam dapat menghasilkan hasil yang optimal, kita dapat persiapkan mulai dari bagaimana cara pemilihan benih yang baik.
Budidaya tanaman kangkung

Budidaya kangkung itu sendiri bisa menjadi prospek bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan masyarakat dengan sayuran yang satu ini sangat meningkat apalagi jika diolah menjadi masakan yang gurih dan enak. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara budidaya tanaan kangkung yang baik dan benar.

Pilih Bibit yang Berkualitas

Karena kita ingin hasil yang maksimal, maka usahakan untuk memiliki bibit yang bagus dan berkualitas unggul. Bibit yang bagus pastiakan menghasilkan hasil panen yang baik pula, adapun ciri-ciri bibit bagus bagus pada awal pertumbuhan kangkung ditandai dengan  tumbuh tegak dan daya tumbuhnya hanya perlu 100%.

Dalam melakukan pembibitan kami memberikan informasi ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan teknik stek yaitu batang ditancapkan di tanah dengan kondisi bibit yang besar dan segar atau menggunakan benih dengan kondisi yang bagus dan kering.

Persiapkan Lahan Tanam

Pada tahap selanjutnya yaitu bagaimana  mempersiapkan lahan untuk menanam tanaman kangkung. Lahan tanaman kangkung yang baik digunakan harus bebas dari hama dan penyakit dan buatlah bedengan dengan lebar sekitar 1 meter dan panjang menyesuaikan, lalu beri jarak dengan bedengan yang terletak sekitar 40 cm atau menyesuaikan tempat. Kemudian sebarkan pupuk kompos di atasnya kemudian biarkan dalam sehari.

Media tanam juga bisa terbuat pot atau polybag yang harus tetap dipadukan dengan kegemburan tanah yang akan digunakan. Jadi kamu bebas mau menanam dimana saja, kalian bisa memilih menanamdi pekarangan rumah, di belakang rumah, di pot atau di polybag. Tinggal bagaiaman cara kalian utuk melakukan perawatan terhadap tanaman kangkung kalian nantinya.

Proses Penanaman

Nah, jika sudah siap lahannya langkah selanjutnya adalah persiapan untuk penanaman tanaman kangkung. Di dalam penanaman tersebut ada 2 macam metode yang bisa dilakukan yaitu, dengan cara ditebar, akan tetapi proses ini memang begitu cepat tetapi biasanya kurang optimal karena tingkat kerapatan penanaman tidak menentu, kalian bisa melakukan penebaran benih dengan cara perlahan dan atur jarak penebaran benih kangkung.

Proses penanaman selanjutnya dengan cara ditugal yaitu memasukkan 2-3 benih ke dalam lubang yang telah dibuat di bedengan dengan jarak 10 x 5 cm. Degan cara ini meskipun pengerjaannya agak lambat tetapi dengan cara ini hasil bisa melimpah. Jadi kembali kepada kalian, mau yang ditebar atau dengan cara tunggal dengan membuatkan lubang-lubang.

Proses Perawatan

Inti dari perawatannya adalah menyiram rutin pada pagi hari dan sore hari. Jika kalian mendapatkan musim kemarau, kalian hanya perlu penyiraman yang rutin setiap pagi dan sore hari. Nah, biasanya Jika tanaman kangkung disiang hari terlihat layu dan menguning, kalian harus lakukan penyiraman dengan intensitas yang cukup. Jika kalian kurang memperhatikan penyiraman di siang hari maka tanaman bisa mati.

Proses Pemanenan

Waktu panen dalam budidaya kangkung mulai dari penanaman biasanya memakan waktu 30-45 hari. Memanen tanaan kangkung pun tidak sulit yaitu dengan cara dipotong dan dicabut.

Itulah informasi tentang cara budidaya tanaman kangkung yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan serta dapat menambah keuntungan yang menjanjikan mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Kangkung yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel